close

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Memelihara hewan akan selalu menghadirkan kebahagiaan bagi pemiliknya. Setelah sebelumnya Jualo pernah membahas tentang hewan  peliharaan untuk pemula dan hewan lucu yang mudah dipelihara, kini giliran mengalihkan mata ke peliharaan dari keluarga unggas, khususnya burung. Meski kalah populer dengan anjing dan kucing, tapi percayalah ada beberapa jenis burung yang mudah dipelihara dan jinak.

Beo dan Kakatua merupakan jenis burung yang digemari karena mereka bisa menirukan kata-kata jika dilatih dengan benar. Namun kedua burung itu memiliki harga dan perawatan yang cenderung mahal. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa jenis burung yang mudah untuk dipelihara dan murah harganya.

Burung Lovebird

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Sudah bukan rahasia lagi kalau hewan yang satu ini termasuk dalam jenis burung yang mudah dijinakkan. Apalagi warna-warna dan suara burung ini begitu menarik untuk diamati. Burung ini sangat jinak, sehingga terkadang pemiliknya bisa saja melepasnya di dalam ruangan. Ia akan mudah menghampiri tuannya ketika dipanggil. Burung jenis ini bahkan bisa diajari untuk melakukan trik tertentu juga, lho. Jika tidak percaya tengok saja video-video di dunia maya mengenai burung lovebird ini. Tapi tentunya hal tersebut bisa dicapai setelah melalui proses latihan dan penjinakkan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika burung lovebird yang bagus untuk lomba pun harganya bisa mencapai puluhan juta. Padahal sebenarnya harga burung lovebird lokal masih berada pada kisaran Rp200 – Rp300 ribu per ekornya. Dan burung lovebird bisa hidup hingga 15 tahun lamanya.

Burung Kenari

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Burung kenari telah lama dikenal sebagai hewan yang pintar. Ia bisa dengan mudah menirukan kicauan burung lain. Selain itu, warna dan bentuknya yang mungil juga membuatnya menyenangkan untuk diamati. Perawatannya juga tidak merepotkan karena tidak memerlukan perhatian yang berlebihan. Cukup bersihkan kandang, berikan makan & minum, serta dijemur. Burung ini juga tidak berbahaya untuk anak-anak. Jika dilatih, suaranya pun bisa menjadi merdu, lho. Hal yang menarik adalah harga burung kenari tidak mahal, sehingga burung ini juga termasuk hewan peliharaan yang mudah dipelihara dan murah. Burung kenari loper biasanya dijual dengan harga sekitar Rp60 – Rp200 ribuan dan bisa mencapai usia hingga 10 tahun.

Burung Parkit

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Siapa yang tak tahu dengan burung kecil yang penuh dengan warna ini. Burung parkit merupakan salah satu hewan favorit untuk dipelihara, baik itu sebagai hiasan atau sebagai teman bermain. Jika dilatih dengan benar burung parkit bahkan bisa melakukan sejumlah trik layaknya dalam pertunjukkan sirkus. Cara menjinakkannya pun cukup gampang, cukup dengan membiasakan memberi makan langsung dari tangan kamu. Jenis burung parkit sendiri bermacam-macam, dimana biasanya akan berpengaruh pada harga jualnya. Jika kamu ingin mulai memelihara burung ini tidak ada salahnya dengan memilih burung parkit lokal saja. Harga burung parkit lokal cukup murah, hanya sekitar Rp60 ribu per ekornya. Harga ini bisa naik menjadi berkali lipat, apabila burung parkit memiliki kemampuan tertentu. Burung parkit sendiri bisa hidup hingga usia 8 tahun.

Burung Cockatiel

4 Jenis Burung yang Mudah Dipelihara dan Jinak

Burung paruh pendek yang ini memiliki banyak nama panggilan. Burung Falk, burung Parkit Australia, hingga Kakatua Mini, kerap dijadikan sebutannya. Meski begitu, di kalangan para pecinta burung sendiri tingkat kejinakkan burung cockatiel tak usah diragukan lagi. Hewan ini termasuk dalam jenis burung yang mudah jinak dengan manusia. Jika dilatih dengan benar, ia bisa melakukan trik-trik yang menarik. Tak hanya itu, ia juga bisa menirukan suara-suara di sekitarnya, termasuk suara manusia. Harga burung cockateil per ekornya terbilang lebih mahal ketimbang burung-burung yang telah disebutkan di atas. Seekor burung cockatiel biasanya dibanderol sekitar Rp450 ribu di pasaran. Usia burung cockatiel sendiri bisa mencapai 14 tahun.

Nah, semoga setelah membaca tentang burung-burung di atas, kamu memiliki alternatif hewan peliharaan yang lain. Pada dasarnya, setiap jenis burung bisa menjadi jinak jika diberikan latihan yang sesuai. Tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan yang lucu lainnya. Satu hal yang pasti, burung-burung ini merupakan hewan peliharaan yang mudah dipelihara di rumah.

 

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram