close

5 Aktivitas Menarik untuk Dilakukan di Cirebon

Tari Tradisional Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota di pesisir utara Pulau Jawa (Pantura) yang lekat dengan balutan budayanya. Bayangkan, kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memiliki dua keraton sekaligus. Selain itu, pengaruh Sunan Gunung Jati, yang merupakan salah seorang dari Wali Songo, cukup kental di sana. Dengan adanya fakta-fakta tersebut, kota ini pasti akan menarik untuk disinggahi.

Wisata budaya jelas menjadi daya tarik utama Cirebon. Ya, mengunjungi Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan merupakan rekomendasi yang kerap dituliskan di banyak artikel. Namun, untuk kali ini, ide-ide kegiatan yang akan ditawarkan berbeda dari dari biasanya. Lalu seperti apa kegiatan yang bisa dilakukan di Cirebon? Simak idenya di bawah ini.

Mengunjungi Desa Cikalahang

Desa Cikalahang sebenarnya merupakan sebuah wilayah yang akan dilewati ketika ingin menuju objek wisata, Telaga Remis. Dan karena terletak di kaki Gunung Ceremai, daerah ini memiliki udara yang sejuk, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Wajar jika akhirnya desa ini selalu dipadati pengunjung setiap akhir pekan.

Daerah sejuk pasti menyenangkan jika digunakan untuk bersantai dan bersantap ria. Oleh karena itu, di desa ini, kamu akan melihat banyak restoran berjajar di sepanjang jalan. Kebanyakan tempat makan ini hadir dengan menawarkan menu ikan. Selain menyajikan makanan, restoran-restoran tersebut juga menyediakan kolam dan alat pancing, sehingga para pengunjung bisa menikmati ikan yang mereka tangkap langsung. Terdengar menyenangkan, bukan?

Menikmati Indahnya Malam di Bukit Gronggong

Pemandangan Malam Hari di Bukit Gronggong

 

Memandang cahaya lampu perkotaan dari dataran tinggi selalu menarik untuk dilakukan. Entah mengapa, kegiatan ini selalu bisa menenangkan pikiran. Kalau kamu setuju dengan pernyataan tersebut, maka kamu harus mengunjungi Bukit Gronggong dalam lawatanmu ke Cirebon.

Objek wisata Gronggong adalah sebuah bukit tempat kaum muda Cirebon biasanya menghabiskan malam kala akhir pekan tiba. Kawasan ini juga sering kali disejajarkan dengan daerah Puncak. Di sana kamu bisa menikmati pemandangan lampu kota sembari bersantap di sejumlah tempat makan yang tersedia. Pilihan makanannya pun beragam, mulai dari jagung bakar, seafood, hingga menu hidangan lain yang menggugah selera. Tak hanya itu, di wilayah ini juga terdapat berbagai macam variasi penginapan, sehingga Bukit Gronggong bisa menjadi pilihan objek wisata yang sesuai untuk melepas kepenatan.

Belanja di Kampung Batik Trusmi

Motif Batik Mega Mendung Khas Cirebon
Motif Batik Mega Mendung Khas Cirebon

 

Nah, berbicara tentang Cirebon tentunya tidak lengkap jika berkunjung ke desa Trusmi untuk membeli batiknya. Batik Cirebon Trusmi merupakan salah satu barang yang harus dikoleksi ketika berkunjung ke Kota Udang. Salah satu ciri khas dari batik ini adalah corak mega mendungnya.

Nah, di desa ini kamu tak hanya bisa berbelanja batik tapi bisa juga melihat pembuatannya langsung dan mengikuti kelas membatik. Kain batik Trusmi sendiri membutuhkan waktu pembuatan hingga setengah bulan lamanya. Jadi meski lebih mahal tapi batik ini memiliki nilai craftmanship yang tinggi, lho.

Wisata Kuliner

Tahu Gejrot
Tahu Gejrot

 

Kalau kamu pecinta makanan, Cirebon akan jadi kota yang cocok untukmu. Tahu Gejrot, Nasi Jamblang, hingga Empal Gentong, adalah makanan-makanan dengan cita rasa tinggi yang patut untuk dicoba di sana. Nasi Jamblang sendiri merupakan makanan khas Cirebon yang telah ada sejak masa penjajahan Belanda. Salah satu tempat terkenal yang menjual makanan ini adalah Warung Nasi Jamblang Ibu Nur serta Warung Nasi Jamblang Mang Dul.

Selain itu masih ada Nasi Lengko serta Docang yang juga tidak boleh dilewatkan. Jadi, persiapkan perutmu untuk menyantap makanan-makanan yang lezat ini, saat berkunjung ke Cirebon.

BAZARADAR bersama JUALO.COM

Visual BAZARADAR untuk Blog

Nah, kalau yang satu ini bisa jadi salah satu tempat nongkrong Cirebon yang perlu kamu sambangi pada 4 November 2017. BAZARADAR bersama Jualo.com sendiri merupakan rangakaian dari berbagai acara dan hiburan menarik yang akan memanjakanmu. Pada acara ini Jualo.com menghadirkan beberapa nama artis pantura tersohor untuk memeriahkannya, sebut saja Dian Anic, Novi KD, Nenty Ardilah, Lia Andrea, serta Yoshica Komara, akan menggoyang Cirebon dengan penuh keceriaan..

Selain itu, masih ada penawaran menarik dari berbagai macam diler mobil dan motor. Belum selesai sampai di situ, BAZARADAR juga menyediakan doorprize berhadiah utama sebuah sepeda motor bagi para pengunjung yang beruntung. Jadi, jangan sampai lewatkan acara ini besok Sabtu di Graha Pena Radar Cirebon, Jl Perjuangan No.9 Cirebon. Dan perlu diingat, acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Jangan sampai terlewatkan!

Please follow and like us:

Label: , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram