close

5 Hal Penting Sebelum Membeli Apartemen

Apartemen

Kebutuhan akan hunian nyaman dan layak di ibukota agaknya telah menjadi sebuah kemewahan tersendiri. Faktor ketersediaan lahan yang minim, berbanding terbalik dengan permintaan yang begitu tinggi hingga menimbulkan kenaikan harga properti yang tidak masuk akal. Untuk menyiasatinya, warga ibukota memilih properti di daerah pinggiran Jakarta seperti Tanggerang, Depok hingga Bogor. Namun, alasan jarak, kemacetan, waktu tempuh, dan beragam permasalahan lain dapat menimbulkan kegalauan yang tak berujung. Pada akhirnya, hunian vertikal seperti apartemen adalah solusi bagi sebagian orang.

Dewasa ini, apartemen telah menjadi hunian alternatif yang mulai diminati oleh warga perkotaan. Bukan hanya sebagai hunian, bagi sebagian orang investasi apartemen juga bisa sangat menguntungkan. Kelebihan apartemen dibandingkan hunian konvensional antara lain lokasi, harga, serta beragam fasilitas pendukung yang diberikan oleh pengembang.

Nah, jika kamu tertarik untuk memiliki unit apartemen, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membeli apartemen. Yuk simak tips dan rekomendasi Jualo di bawah ini.

Sertifikat Tanah dan Bangunan

Dokumen Sertifikat

Bagi kamu yang sudah memantapkan hati untuk membeli unit apartemen, jangan langsung tergiur dengan apartemen murah. Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu keabsahan sertifikat yang berkaitan dengan lahan dan bangunan. Ada beragam jenis sertifikat yang perlu kamu cross check keabsahannya. Sertifikat tersebut meliputi Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), dan Surat Izin Penggunaan Penunjukan Tanah (SIPPT). Pengecekan ini sangat penting guna mengetahui status lahan yang digunakan untuk mendirikan apartemen tersebut. Pastikan kamu tidak membeli unit apartemen yang didirikan di atas tanah yang masih berstatus sewa maupun sengketa, ya.

Lokasi

Pemilihan Lokasi

Jika kamu sudah yakin akan reputasi pengembang serta sertifikat yang dimiliki, saatnya kamu mempertimbangkan aspek lokasi apartemen. Percayalah, selain harga, lokasi adalah faktor terpenting dari pemilihan hunian idaman. Penentuan lokasi bukan hanya sekedar jauh dekatnya dari tempat kamu berkegiatan. Pertimbangkan juga aksesibilitas menuju fasilitas pelayanan publik seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, serta ketersediaan transportasi publik. Selain itu, pastikan kamu tidak memilih apartemen yang berada pada lokasi  terdampak banjir ataupun daerah pabrik.

Fasilitas

Fasilitas Kolam Renang

Salah satu faktor yang dapat menarik daya beli suatu unit adalah ketersediaan fasilitas pendukungnya. Hal tersebut dapat kita lihat secara langsung dalam brosur maupun iklan properti yang bersliweran di media massa. Fasilitas parkir kendaraan yang luas, kolam renang, taman bermain hingga pusat kebugaran adalah salah satu kunci agar unit apartemen dilirik oleh calon pembeli. Selain itu, bagi kamu yang akan membeli unit apartemen dengan jenis fully furnished, pastikan unit sudah menggunakan produk elektronik serta furniture berkualitas dari brand yang terpercaya.

Harga

Harga Apartemen

Harga adalah segalanya. Terkadang harga menjadi momok yang dapat menghambat dalam memiliki hunian impian. Pastikan harga yang akan kamu keluarkan sebanding dengan unit apartemen yang akan kamu miliki. Untuk mengetahui apakah harga yang akan kamu bayar telah sesuai, pertimbangkan faktor-faktor yang telah dijabarkan di atas, ya. Selain itu, kamu bisa melakukan perbandingan dengan apartemen lain yang sejenis. Perhatikan juga biaya tambahan seperti biaya pemeliharaan yang akan dibebankan oleh masing-masing penghuni.

Surat Kontrak

Surat Kontrak

Jika semua hal yang menjadi pertimbangan dalam membeli sebuah apartemen telah terpenuhi, ada satu hal penting lagi yang perlu diperhatikan. Kamu perlu mencermati surat kontrak perjanjian jual beli unit apartemen. Hal ini sangat penting karena kamu dapat mengetahui hak dan kewajiban sebagai pemilik unit. Dengan memahaminya, diharapkan tidak akan timbul kesalahpahaman dan masalah di kemudian hari.

Nah, jika keseluruhan aspek di atas telah kamu penuhi dan tidak ada masalah, selamat atas hunian barunya. Namun, jika kamu tak kunjung menemukan hunian yang sesuai, tenang, ada  jualo.com yang bisa membantumu. Kamu bisa melihat daftar apartemen di jakarta ataupun lokasi lainnya langsung melalui gawai yang kamu miliki. Selamat berbelanja!

Please follow and like us:

Label: , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram