close

5 Hal Penting Dalam Merencanakan Liburan Akhir Tahun

Tahun Baru

Tak terasa tahun 2017 akan segera berakhir. Akhir tahun biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan kegiatan liburan. Jenis kegiatan liburan pun beragam mulai dari pulang kampung, berpergian ke luar kota, hingga berlibur ke luar negeri. Nah, agar liburan akhir tahun lebih berkesan, ada baiknya jika kamu melakukan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut.

Seberapa besar bujet liburanmu?

Bujet Liburan

Kamu bisa mulai merencanakan liburan akhir tahun dengan menentukan besarnya dana yang nantinya akan dikeluarkan. Besaran bujet yang dianggarkan akan berpengaruh terhadap destinasi liburan. Dalam menentukan anggaran, tiga hal utama yang menjadi acuan adalah biaya transportasi, akomodasi, dan biaya hidup. Mengingat bulan Desember hingga Januari merupakan high season wisata, bisa dipastikan dana yang harus kamu persiapkan akan lebih besar, jika dibandingkan berpergian di bulan-bulan lain. Jadi, tentukan bujet liburan sesuai kemampuanmu, ya.

Menentukan Destinasi Wisata

Destinasi Wisata

Bujet liburan telah ditentukan, saatnya mencari destinasi wisata yang sesuai dengan kocek di kantong. Dalam menentukan destinasi liburan akhir tahun, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Aspek tersebut meliputi atraksi wisata yang ditawarkan, ketersediaan akomodasi, hingga akses transportasinya.

Berkaitan dengan destinasi, pilihlah daerah tujuan wisata yang tidak hanya menawarkan wisata alam saja. Hal ini penting untuk dijadikan pertimbangan mengingat sepanjang bulan Desember hingga Januari, sebagian besar daerah di Indonesia akan diguyur hujan. Jadi, pastikan destinasi yang akan kamu kunjungi juga memiliki jenis atraksi lain seperti atraksi wisata budaya dan atraksi wisata minat khusus. Dengan demikian hujan tidak akan merusak liburanmu!

Akomodasi Penginapan

Akomodasi Penginapan

Percaya atau tidak, pemilihan akomodasi penginapan yang tepat akan sangat mempengaruhi kualitas liburanmu, lho. Sebelum menentukan penginapan yang akan kamu gunakan, ada baiknya pertimbangkan aspek lokasi, fasilitas yang ditawarkan, serta harganya.

Berkaitan dengan lokasi, pilihlah penginapan yang strategis. Hal ini berarti penginapanmu dekat dengan fasilitas publik atau destinasi wisata. Karena hal ini dapat membuat waktu liburanmu lebih efisien. Apabila ingin memilih penginapan yang jauh dari pusat kota, pastikan penginapan tersebut menyediakan segala fasilitas dibutuhkan selama menginap.

Selain itu, mengingat permintaan akomodasi penginapan akan meningkat saat libur akhir tahun, pesanlah penginapan dari jauh-jauh hari. Hal ini untuk memastikan kamu mendapatkan kamar dan mendapatkan harga yang murah.

Transportasi

Transportasi Umum

Nah, agar waktu liburanmu dapat dimanfaatkan secara maksimal, memilih jenis transportasi yang tepat adalah solusinya. Jika destinasi wisata yang akan dikunjungi tidak terlalu jauh, gunakan transportasi darat seperti kereta api. Selain akan terbebas dari kemacetan, dengan menggunakan kereta kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Apabila destinasi wisata yang dikunjungi cukup jauh, transportasi udara bisa jadi pilihan terbaik. Satu hal yang perlu diingat, di musim hujan seperti ini, ada baiknya kamu menghindari daerah wisata yang hanya dapat dijangkau dengan transportasi laut.

Dengan siapa kamu berpergian?

Liburan akhir tahun

Saat berlibur akhir tahun nanti, tentukanlah apakah kamu akan berpergian seorang diri, bersama sahabat, atau keluarga. Karena empat aspek yang telah dijelaskan di atas akan sangat dipengaruhi oleh faktor ini.

Jika kamu berencana untuk berlibur bersama keluarga dan terdapat anak-anak di dalamnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan akomodasi penginapan, transportasi, hingga destinasi wisata yang ramah terhadap anak-anak.

Nah, itu tadi beberapa pertimbangan yang  bisa kamu gunakan sebelum memutuskan untuk berlibur pada akhir tahun nanti. Semoga dengan tulisan ini, kamu bisa memiliki liburan penutup tahun yang berkesan. Selamat berlibur!

Label: , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram