close

5 Tips Membeli Mobil Bekas Versi Jualo

Jual Mobil Bekas

Bagi beberapa orang mobil bekas memiliki nilai tersendiri. Bahkan diantaranya lebih suka untuk berburu mobil-mobil tua dibandingkan membeli yang baru. Tapi, bagaimana sih caranya memilih mobil bekas untuk pemula? Apa saja langkah yang perlu diperhitungkan? Nah, berikut lima tips dari Jualo buat kamu:

1.  Tentukan Dana

Siapkan Dana
Source: Pixabay

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum kamu mencari mobil bekas, tentu saja menentukan dana yang ingin dikeluarkan. Dalam hal ini dana yang disiapkan tidak hanya untuk membeli mobil bekas saja, melainkan juga dana untuk persiapan. Misalnya, kamu mengincar mobil bekas Toyota seharga 50 jutaan, maka paling tidak kamu harus menyiapkan uang ekstra 10 juta untuk biaya perbaikan.

2. Tentukan Jenis Mobil 

Pilih Mobil Yang Akan Dibeli
Source: Wikipedia

Dalam hal ini, jenis mobil yang akan kamu cari harus disesuaikan dengan poin nomor satu tadi. Apakah dalam kisaran harga tersebut jenis mobil yang kamu cari bisa didapatkan. Jenis mobil di sini berarti Special-Purpose Vehicle (SUV), Multi-Purpose Vehicle (MPV), Sedan, atau hatchback. Masalahnya dalam setiap kisaran harga hampir semuanya menawarkan jenis mobil ini. Hanya saja, perbedaan tahun dan kondisi mobil bekas yang akan menjadi pilihannya.

3. Cek Kondisi Fisik Mobil

Mesin Mobil Bekas
Source: Wikipedia

Sebelum kamu melakukan negosiasi dengan penjual, hal yang berikut ini sangat wajib hukumnya. Jangan tergesa-gesa untuk jatuh cinta dengan mobil bekas incaran kamu, sebelum melihat kondisi mesin, kaki-kaki mobil, hingga bodi mobil tersebut. Pastikan semua hal tersebut dalam kondisi yang prima atau tidak akan butuh banyak penggantian onderdil. Ya, meskipun kamu membeli mobil bekas, pastikan untuk mendapatkan mobil dengan kondisi sebaik mungkin.

4. Cek Kelengkapan Surat-surat

Surat Kendaraan
Source: Wikipedia

Setelah kondisi mobil sudah dipastikan prima maka langkah berikutnya adalah cek surat-suratnya. Kamu tentunya tidak ingin memiliki mobil yang ilegal keberadaannya bukan? Nah, oleh karena itu, pastikan BPKB dan STNK mobil tersebut lengkap atau dalam keadaan hidup. Kalaupun pajak kendaraannya mati, pastikan harga penghidupan pajak tidak akan terlalu memberatkan kamu. Jangan sampai harga mobil bekas murah, tapi untuk mengurus pajaknya jauh lebih mahal.

5. Lakukan Test Drive

Test Drive Mobil
Source: Wikipedia

Nah, sebelum meminang mobil bekas impian kamu, ada baiknya melakukan test drive terlebih dahulu. Hal ini akan menguji kondisi mobil yang sebenarnya. Meskipun telah dicek dengan seksama, namun kondisi yang sebenarnya baru akan terasa ketika mobil tersebut digunakan di jalan raya. Selain untuk memastikan kondisi mobil, test drive juga berguna untuk menilai handling serta suspensi mobil bekas yang kamu incar.

Setelah melakukan kelima langkah tersebut, kamu baru boleh melakukan negosiasi harga untuk membawa pulang mobil bekas incaran kamu. Satu kunci lain yang penting ketika berburu mobil bekas adalah teliti sebelum membeli. So, selamat berburu mobil bekas!

Please follow and like us:

Label: , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram