close

Alokasi Dana THR Versi Jualo

Alokasi Dana THR

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah salah satu hal yang paling ditunggu menjelang Lebaran. Tapi meski begitu biasanya Lebaran selalu bikin tombok setelahnya. Hal ini dikarenakan semua harga kebutuhan pasti melonjak menjelang Hari Raya. Mulai dari makanan hingga tiket perjalanan ke kampung halaman. Jadi, terkadang THR lebih sering tidak terasa keberadaannya.

Lalu bagaimana caranya agar THR yang datang setahun sekali ini bisa memiliki impak untuk kemampuan finansial setelah Lebaran? Caranya adalah dengan membuat alokasi dana THR. Jadi, sebelum THR turun, kamu sudah punya bayangan dan perencanaan akan uang tersebut. Dan berikut ini beberapa contoh alokasi dana THR yang perlu dilakukan menurut Jualo.

Membayar kewajiban

Kewajiban di sini berarti hal-hal yang hukumnya wajib untuk didahulukan. Seperti membayar zakat dan tagihan-tagihan yang perlu dibayar. Dengan mendahulukan hal ini, kamu tidak akan terasa terbebani saat merayakan Lebaran. Akan sangat tidak menyenangkan ketika kamu berkumpul dengan keluarga dan masih memikirkan tagihan kartu kredit yang lupa dibayar.

Anggaran mudik

Ini adalah satu pos keuangan yang sangat penting untuk diperhatikan. Segera setelah THR turun, sisihkan bagian untuk kebutuhan kamu mudik. Kebutuhan seperti membeli tiket perjalanan dan kebutuhan selama perjalanan. Akan tetapi, kalau kamu telah membeli tiket mudik sebelumnya, berarti THR perlu dibagi adalah untuk pengeluaran kamu selama perjalanan saja. Jika kamu berencana membawa kendaraan pribadi, perhitungan uang di pos ini akan meliputi membeli bahan bakar, servis kendaraan, hingga biaya tak terduga selama perjalanan.

Anggaran membeli baju dan makanan untuk Lebaran

Anggaran membeli kebutuhan ini juga perlu ditetapkan sebelum kamu menerima THR. Bagaimanapun penyakit lapar mata akan membuat bujet kamu membengkak. Setidaknya dengan menyiapkan anggaran ini, kamu jadi punya batasan berapa jumlah yang akan kamu keluarkan untuk membeli baju dan makanan Lebaran. Supaya keuangan kamu tidak kebobolan setelahnya.

Pos anggaran yang telah disebutkan di atas menurut Jualo rasa sangat perlu dilakukan. Apalagi jika mengingat banyaknya godaan diskon di sejumlah pusat perbelanjaan. Biasanya kita akan sangat mudah tergoda untuk membeli sesuatu yang diberikan label “SALE 70%”.

“Tapi, kalau setelah diatur anggarannya ternyata masih banyak sisanya, bagaimana?” Tanyamu. Ya, kalau masih sisa kan bisa ditabung untuk masa depan. Ini akan berguna jika kamu nantinya berpikir untuk memulai usaha sendiri. Jika menurut kamu hal ini agak sulit dilakukan, sisa uang THR bisa digunakan untuk melakukan usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Seperti bisnis jual beli aksesoris motor, membuka toko pulsa, jual beli efek gitar bekas, atau membuka toko pernak-pernik. Tak hanya itu, sisa alokasi dana THR juga bisa digunakan untuk menambah ilmu seperti belajar komputer atau belajar bahasa asing.

Perencanaan seperti ini sudah harus dilakukan mulai dari sekarang. Jangan sampai kamu telat menyadarinya nanti. Nah, THR sebagai salah satu bonus untuk bekerja seharusnya tidak habis begitu saja tanpa kejelasan. Masa iya kamu akan selalu menjadi karyawan? Jadi, kelola THR kamu dengan benar, ya.

Please follow and like us:

Label: , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram