close

Cara Memilih Tas Laptop yang Tepat untuk Kamu

Tips Membeli Tas Laptop

Hi Pengguna Jualo.com

Laptop adalah salah satu gadget yang daya sensitivitasnya cukup tinggi. Apalagi laptop termasuk gadget portable yang sangat mudah dibawa-bawa ke sana-kemari. Bukan tidak mungkin, laptop mengalami gangguan atau rusak hanya karena salah cara penyimpanan ketika dibawa. Oleh karena itu, penggunaan tas laptop sangat dibutuhkan.

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana menempatkan laptop saat di bawa berpergian. Padahal hal itu berpengaruh terhadap ‘usia’ laptop kamu juga. Agar laptop tidak cepat rusak, usahakan meletakkan atau menyimpan laptop pada posisi dan kemasan yang tepat. Untuk posisi, usahakan laptop disimpan dalam ruangan atau kemasan yang memiliki ruang yang cukup lega tanpa disatukan dengan benda-benda lainnya, seperti adaptor laptop.

Sebab, laptop sebenarnya tidak boleh dalam keadaan terhimpit atau tergesek benda-benda keras. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko rusaknya hardisk karena laptop terjepit, terhimpit, atau bergesakan dengan benda-benda lain di dalam kemasan penyimpanannya.

Sedangkan untuk kemasannya, ada baiknya kamu memilih tas khusus untuk penyimpanan laptop. Bagaimana tips memilih tas laptop yang sesuai untuk penyimpanan laptop? Berikut tipsnya:

1 |Pilihlah tas laptop dengan kualitas bahan yang baik
Mungkin harganya akan lebih mahal dari tas biasa. Namun bila fungsinya benar-benar untuk melindungi laptop dari kerusakan, yah tidak ada salahnya memilih kualitas yang lebih bagus meski harganya agak lebih mahal. Pilihlah bahan yang tahan dari rembesan air. Sehingga bila terkena hujan, air tidak akan merembes sampai ke bagian dalam tas. Pilih pula bahan yang tidak mudah tersangkut, robek, bocor dan pastikan kuat mengangkat beban laptop.

2 |Sesuaikan ukuran tas dengan ukuran laptop
Tas laptop yang terlalu sempit memuat laptop justru akan membuat laptop terjepit dan sirkulasi udara di dalam tas menjadi tidak lancar. Sedangkan bila ukuran tas terlalu lapang, dikhawatirkan laptop akan berguncang-guncang saat kamu berjalan. Sebab ruang tas yang terlalu luas memungkinkan laptop tidak tersanggah dengan baik di dalam tas.

3 |Sebisa mungkin pilihlah tas laptop berpadding atau “berbantalan” pada bagian dalamnya.
Padding tas berfungsi melindungi laptop apabila terjadi benturan. Semakin tebal busa bantalan pada tas laptop, maka akan semakin baik untuk menyimpan laptop. Bila kamu terlanjur memiliki tas berpadding tipis, sebaiknya lapisi laptop dengan kain pelapis khusus laptop terlebih dahulu. Kain pelapis ini bisa kamu beli di toko-toko khusus perlengkapan atau aksesoris komputer dan laptop.

4 |Perhatikan dengan teliti tali penyangga tas, baik tas sandang di pundak, tas punggung, maupun tas jinjing.
Pastikan tali yang digunakan untuk membawa tas tersebut cukup kuat untuk membawa beban komputer. Jangan sampai ketika kamu membawanya yang terjadi justru tali putus dan membuat tas terjatuh di permukaan padat sehingga membuat goncangan yang cukup keras terhadap laptop di dalamnya.

5 |Pastikan resleting tas kokoh.
Biasanya resleting tas laptop berbeda dengan resleting tas biasa. Resleting tas laptop berukuran lebih besar dengan rel yang besar pula, sehingga memudahkan kamu saat mengancingnya. Bila resleting berukuran kecil, sementara muatan tas cukup penuh, dikhawatirkan kancing mudah putus. Saran kami, gerakkan resleting untuk membuka dan menutup beberapa kali untuk memastikan lancar atau tidaknya gerak resleting.

6 |Periksa ruang-ruang tas.
Tas laptop yang ideal adalah tas laptop yang tidak hanya memiliki satu ruang penyimpanan saja. Apabila tas laptop memiliki dua atau tiga kantong lainnya, maka adaptor atau alat-alat kelengkapan kamu lainnya bisa disimpan pada ruang yang terpisah dari laptop. Hal ini meminimalisir terjadinya gesekan dan himpitan dari benda-benda lain terhadap laptop yang kamu simpan.

7 |Sesuaikan tas dengan mobilitas kamu.
Ini penting karena cara beraktivitas akan menentukan seberapa aktif kamu bergerak. Bila memang kamu seorang yang aktif di luar ruangan dan harus membawa laptop kemana-mana, sebaiknya pilih tas laptop yang berbentuk ransel agar tidak menyulitkan kamu saat membawanya. Sedangkan bila kamu orang yang hanya bekerja di dalam ruangan bisa memilih tas laptop jinjing atau sandang di bahu.

Nah itulah tips-tipsnya yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan memilih dan membeli tas laptop. Semakin jeli kamu memilih kualitas yang baik, semakin terlindungi pula kondisi laptop kamu. Lebih cocok yang mana?

Label: , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram