close

Begini Cara Memiliki Modifikasi Motor Chopper Seperti Milik Jokowi

Begini Cara Memiliki Modifikasi Motor Chopper Seperti Milik Jokowi

Modifikasi motor Chopper kini tengah naik daun. Hal ini terkait dengan kabar Presiden Jokowi yang baru-baru ini memiliki motor jenis tersebut dari Elders Garage. Motor chopper untuk Jokowi sendiri dibuat dari Royal Einfield Bullet 350. Tenang saja, untuk modifikasi jenis ini tidak selalu harus menggunakan motor mahal, kok.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang bagaimana memodifikasi motor chopper, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu secara singkat sejarah lahirnya modifikasi tersebut. Istilah chopper sendiri berasal dari proses pemotongan rangka yang perlu dilakukan untuk modifikasi ini. Awalnya aliran mendandani motor ini populer pada tahun 1950-an di California, Amerika Serikat. Aliran modifikasi ini pun semakin mendunia ketika motor Harley Davidson chopper muncul dalam serial TV “Renegade”.

Nah, memang biasanya motor yang digunakan sebagai bahan untuk modifikasi chopper memiliki kapasitas mesin yang lumayan besar. Kendati demikian, bukan itu hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang diperlukan untuk membuat modifikasi motor chopper.

Pilih Builder/Modifikator

Begini Cara Memiliki Modifikasi Motor Chopper Seperti Milik Jokowi

Sebelum kamu memulai untuk memodifikasi motor jenis ini, ada baiknya melakukan riset builder atau modifikator yang akan dipercaya untuk menanganinya. Datangi terlebih dahulu dan lakukan konsultasi mengenai modifikasi chopper yang ingin kamu lakukan. Dengan demikian kamu akan tahu, apa saja yang diperlukan untuk mewujudkan impianmu tersebut. Toh, sekarang ini tidak terlalu sulit untuk menemukan builder-builder dengan reputasi yang bagus. Meskipun sebenarnya bisa juga melakukan modifikasi sendiri, tapi setidaknya konsultasi dengan builder juga diperlukan.

Motor Bahan

Source: wikipedia.com

 

Modifikasi motor chopper tidak melulu harus melibatkan motor dengan kapasitas mesin yang besar. Dari sejumlah informasi yang berhasil dikumpulkan, modifikasi motor jenis ini bisa juga menggunakan motor Honda GL series. Tak hanya Honda GL 100, melainkan motor-motor seperti Suzuki Thunder 250, Megapro lama, Yamaha Scorpio lama, hingga motor Tiger bekas, pun bisa digunakan. Tapi memang kebanyakan motor-motor ini hanya digunakan mesinnya saja, karena rangkanya pasti berubah atau menggunakan bahan lain.

Rangka Motor

Begini Cara Memiliki Modifikasi Motor Chopper Seperti Milik Jokowi
Source: shutterstock.com

 

Ya, untuk memiliki motor jenis ini, rangka motor bahan tidak akan bisa digunakan sepenuhnya. Satu hal yang pasti rangka motor akan dipotong. Selain itu, bisa dengan membeli rangka khusus yang dijual untuk motor chopper. Beberapa bengkel motor di Indonesia telah menjual paketan rangka ini. Bisa juga dengan membuat rangka dari nol, artinya mendesain sendiri jenis rangka yang ingin digunakan. Tapi, ya, itu, proses penggarapannya pasti jauh lebih lama.

Dana

Begini Cara Memiliki Modifikasi Motor Chopper Seperti Milik Jokowi

Jelas dana merupakan faktor yang sangat penting untuk disimak untuk jenis modifikasi apapun. Jadi, kalau bisa jangan terburu-buru untuk memodifikasi motor chopper apabila uangmu belum mencukupi. Lebih baik ditabung terlebih dahulu hingga mencukupi. Bagaimanapun ketika motor sudah dimodifikasi, kamu pasti ingin merasa nyaman dan keren mengendarainya, bukan? Oleh karena itu, persiapkan dana sesuai dengan yang dibutuhkan untuk modifikasi ini.

Nah, semoga tulisan ini bisa jadi pencerahan bagi kamu yang berminat untuk memodifikasi motor dengan gaya chopper. Sayangnya, modifikasi ini tidak bisa menggunakan seluruh bodi motor bekas Honda. Tapi, meskipun menuntut kesabaran dan proses yang lama, ada kebanggaan tersediri bisa mengendarai motor chopper di jalanan. Selamat mencoba.

 

 

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram