close

Melihat Daftar Produsen Mobil Terlaris di Indonesia 2017

Menengok Produsen Mobil Terlaris di Indonesia 2017

Pasar mobil di Indonesia, bisa dibilang mengalami peningkatan di 2017 ini. Meski data valid mengenai hal tersebut hingga Desember ini belum tersaji secara resmi. Namun apabila dilihat dari pertumbuhan per bulannya, selama 2017, angka penjualan mobil terhitung naik ketimbang tahun lalu. Dan ini pun yang kemudian membuat penasaran, tentang siapa saja produsen mobil terlaris di Indonesia 2017.

Menurut data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) mobil yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat sudah 994.436 unit mobil terjual sejak Januari hingga November 2017.  Angka tersebut lebih besar dari penjualan tahun 2016 yang hanya berada di kisaran 974.972 unit mobil.

Menurut data tersebut, 5 besar penyumbang penjualan mobil terbanyak di Indonesia masih berasal dari produsen Jepang. Toyota yang berada di peringkat pertama menyumbangkan penjualan sebanyak 28.171 unit, Daihatsu di posisi berikutnya dengan penjualan sebanyak 16.260 unit, serta Mitsubishi dan Suzuki di peringkat selanjutnya.

Menengok Produsen Mobil Terlaris di Indonesia 2017
Source: toyota.astra.co.id

 

Sumbangan penjualan terbesar Toyota sendiri berasal dari unit Avanza. Toyota Avanza Indonesia berhasil terjual sebanyak 10.070 unit hingga November 2017. Hasil ini juga membuatnya mendapatkan predikat sebagai mobil terlaris dan mobil MPV terbaik pilihan keluarga Indonesia. Kemudian disusul oleh Toyota Kijang Innova 2017 yang laku 6.078 unit, serta Toyota Calya baru sebanyak 4.816 unit. Selain itu, penjualan Toyota Fortuner New Model, Toyota, Agya, dan Toyota Rush, juga turut menyumbang kesukesan ini.

Menengok Produsen Mobil Terlaris di Indonesia 2017
Source: daihatsu.co.id

 

Untuk Daihatsu sendiri, penjualan terbesarnya dihasilkan oleh Sigra. Daihatsu Sigra telah laku sebanyak 16.360 unit. Angka ini sebenarnya berada di bawah penjualan Mitsubishi Xpander, akan tetapi penjualan Daihatsu masih disokong oleh Daihatsu Gran Max Pick Up, Daihatsu Xenia, serta Daihatsu Ayla.

Sementara Mitsubishi sendiri penjualan tertingginya hanya diraih oleh Xpander dan Mitsubishi Pajero Sport. Dengan demikian, jika ditotal maka angka penjualan Mitsubishi masih di bawah Honda dan Daihatsu.

Menengok Produsen Mobil Terlaris di Indonesia 2017
Source: honda-indonesia.com

 

Honda sendiri berhasil masuk 5 besar produsen mobil terlaris di Indonesia melalui produk Honda Brio Satya, Honda CR-V Indonesia, Honda HR-V, Honda BR-V, serta Honda Mobilio. Dari kelima produk tersebut, empat mobil Honda masuk dalam daftar mobil terlaris di Indonesia sepanjang Januari hingga November 2017.

Hal yang menarik dari daftar produsen mobil terlaris di Indonesia pada 2017 ini adalah kehadiran Wuling, produsen asal Tiongkok. Wuling Indonesia 2017 berhasil merangsek masuk dalam 10 besar pabrikan mobil terlaris di Indonesia 2017. Wuling berada di posisi kedelapan dengan penjualan sebanyak 803 unit. Sebuah langkah yang cukup mengagumkan, jika mengingat bahwa 2017 merupakan tahun pertama Wulin berkecimpung di pasar mobil Indonesia. Lalu, apakah ada kesempatab bagi Wuling untuk masuk dalam 5 besar produsen mobil terlaris pada tahun depan? Kita lihat saja nanti.

Daftar Produsen Mobil Terlaris di Indonesia 2017
Source: wuling.id

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram