close

Hewan Peliharaan yang Cocok bagi Pemula

Hewan Peliharaan

Manusia adalah makhluk sosial. Ya, itu adalah hal paling esensial yang perlu dipahami. Jadi, berinteraksi merupakan salah satu kebutuhan dasar. Oleh karenanya, manusia tidak bisa hidup sendiri. Mereka membutuhkan teman untuk tetap hidup. Nah, fungsi teman ini yang terkadang digantikan oleh keberadaan hewan peliharaan yang cocok bagi pemula.

Tapi keputusan untuk memiliki hewan peliharaan bukan merupakan hal yang mudah. Karena memelihara hewan berkaitan dengan komitmen dan tanggung jawab. Oleh karena itu, jika kamu ingin memelihara hewan untuk pertama kalinya pilihlah hewan yang mudah untuk dipelihara. Nah, untuk membantu kamu memilih hewan yang mudah untuk dipelihara, berikut beberapa rekomendasi hewan peliharaan bagi pemula.

Ikan

Ikan Hias Untuk Peliharaan
Source: Pixabay

Hewan yang satu ini bisa jadi pilihan tepat jika kamu adalah orang yang tergolong sibuk. Memelihara ikan cenderung lebih mudah dibanding hewan lainnya. Tinggal membeli akuarium kemudian isi dengan ikan yang berwarna-warni. Mulailah dengan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Ikan-ikan seperti Ikan Guppy, Ikan Tetra, Ikan Manfis, hingga Ikan Mas Koki. Untuk pemeliharaannya, akuarium yang berisi ikan-ikan tersebut cukup dibersihkan satu kali seminggu saja. Oh iya, sebagai pemula, urungkan dulu niat untuk memelihara ikan air laut. Hal ini karena akuarium air laut memerlukan perawatan yang lebih rumit.

Kura-kura

Reptil Peliharaan
Source: Pixabay

Reptil yang satu ini termasuk dalam hewan peliharaan yang paling mudah perawatannya. Selain mudah dirawat, harga kura-kura air tawar juga terbilang murah. Nilai lebih lainnya dari kura-kura adalah umurnya yang panjang. Hewan yang dikenal karena tempurungnya ini bisa mencapai usia 30–40 tahun. Bahkan ada seorang kakek di Jepang yang telah memelihara kura-kura selama 20 tahun lebih. Dan kura-kura ini selalu berjalan di sampingnya di jalanan Tokyo. Menarik bukan? Satu hal yang jelas, perawatan untuk kura-kura ini cukup mudah. Sehingga jika kamu merupakan orang yang sibuk, kura-kura adalah peliharaan yang ideal.

Hamster

Hamster Lucu
Source: Pixabay

Binatang pengerat yang satu ini termasuk salah satu peliharaan yang mudah perawatannya. Tak hanya itu, hamster lucu dan imut. Binatang yang satu ini juga tergolong jinak. Namun jika dibandingkan dengan ikan dan kura-kura, hamster membutuhkan perhatian lebih dalam perawatannya. Salah satunya adalah dengan membersihkan kandangnya ketika mulai kotor. Hewan pengerat cenderung sensitif terhadap kotoran, sehingga mereka mudah stres jika kandangnya kotor. Untuk itu, setidaknya kamu perlu mengganti alas kandangnya sebanyak dua kali sehari.

Kucing

Kucing Peliharaan Imut
Source: Pixabay

Hewan berkaki empat yang satu ini merupakan salah satu yang cukup sering dipelihara. Dibanding dengan mamalia yang lainnya, kucing mungkin salah satu yang paling mudah perawatannya. Apalagi jika kamu memilih untuk memelihara kucing kampung. Syarat utama yang kamu harus lakukan adalah memberinya vaksin. Namun, berdasarkan tingkat kelucuannya, kucing impor merupakan jenis kucing peliharaan favorit. Kucing jenis Persia, Anggora, Exotic Shorthair, hingga Munchkin, adalah kucing-kucing yang banyak dicari. Tapi kucing-kucing ini perawatannya jelas beda dengan kucing kampung. Hewan-hewan ini perlu dibawa grooming serta diberi makanan kucing khusus supaya sehat. Cenderung lebih rumit dibanding tiga hewan yang sudah Jualo.com sebutkan sebelumnya.

Anjing

Anak Anjing Lucu
Source: Pixabay

Kalau hewan yang ini memang sudah dikenal sebagai sahabat manusia. Beberapa jenis anjing yang sering menjadi idaman untuk dipelihara adalah jenis anjing Golden Retriever, Siberian Husky, hingga Corgi. Untuk memelihara anjing pertama kali ada beberapa catatan yang perlu diingat. Pertama, anjing merupakan hewan yang butuh perhatian dan aktivitas. Mereka tidak bisa hanya ditinggal saja di rumah. Hewan pelliharaan ini cocok untuk orang-orang yang senang melakukan aktivitas di luar ruangan seperti berolah raga lari atau jogging. Kedua, jangan sembarangan memberi makan anjing. Uniknya perlakuan dan makanan setiap jenis anjing berbeda-beda. Jadi, memang dibutuhkan komitmen yang kuat untuk memelihara hewan yang satu ini.

Nah, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kalian memutuskan hewan yang akan dipelihara. Bagaimanapun juga, memelihara hewan akan membantu menyehatkan kondisi psikologis. Keberadaan hewan-hewan ini akan menghibur kamu setelah penat dengan rutinitas harian. Jadi, jangan takut untuk punya hewan peliharaan, ya!

 

Please follow and like us:

Label: , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram