close

Kota-kota di Dunia dengan Perayaan Malam Tahun Baru Paling Meriah

Kota-kota di Dunia dengan Perayaan Malam Tahun Baru Paling Meriah

Bagi beberapa orang, melewatkan malam tahun baru merupakan salah satu tradisi yang penting untuk dilakukan. Menghabiskan malam sembari melihat pesta kembang api akan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi jika dihabiskan di sejumlah kota di dunia dengan perayaan tahun baru paling meriah.

Mumpung masih ada waktu untuk merencanakan liburan akhir tahun, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu negara-negara yang memiliki tradisi perayaan tahun baru paling meriah. Kalau kamu belum punya daftarnya, berikut kami berikan daftar kota di dunia yang memiliki perayaan tahun baru yang tak boleh dilewatkan.

Edinburgh, Skotlandia

Kota-kota di Dunia dengan Perayaan Malam Tahun Baru Paling Meriah

Di kota ini, perayaan malam tahun baru dikenal dengan rangkaian acara yang dikenal sebagai Festival Hogmanay. Hogmanay sendiri merupakan sebuah kata dari bahasa Skotlandia yang berarti hari terakhir. Pada perayaan tersebut, ribuan orang akan berbondong-bondong melakukan pawai dengan membawa obor di sepanjang jalanan kota. Dan pada puncaknya tentu saja diisi dengan kemeriahan pesta kembang api.

Festival Hogmanay sendiri sudah dikenal secara luas di dunia. Bahkan, saking banyaknya peminat, kini festival yang dulunya gratis itu telah memasang tiket masuk. Tak hanya itu, kini penawaran paket untuk menikmati Hogmanay pun hadir dengan harga mulai dari Rp3.5 Juta hingga Rp17 Juta. Kalau kamu berminat untuk mengikuti perayaan ini, sekadar saran, gunakan sepatu yang nyaman untuk jalan, ya.

Moskow, Rusia

Kota-kota di Dunia dengan Perayaan Malam Tahun Baru Paling Meriah

Kalau di ibu kota Rusia ini, malam tahun baru adalah momen yang begitu spesial. Di kota ini kamu bisa melihat banyaknya dekorasi indah untuk menyambut tahun yang baru. Salah satu yang bisa ditemukan adalah adanya kereta bawah tanah khusus yang dihiasi tanaman dan lampu. Saking berharganya momen pergantian tahun di Moskow juga bisa dilihat dengan kehadiran Valdimir Putin. Pemimpin Rusia ini pasti akan memberikan pidato sambutan tahun baru setiap tahunnya.  

Selain itu, di sana orang akan berkumpul di Red Square tepat sebelum tengah malam. Dan pada 12 detik sebelum pergantian tahun mereka akan khusyuk mendengarkan suara Jam Kremlin bergema selama 12 kali. Setelah itu, semua orang akan bersorak diiringi oleh pesta kembang api yang meriah. Hal yang menarik dari perayaan ini adalah meski kota tengah dihujani salju, namun masyarakat Moskow tetap antusias untuk merayakannya di luar ruangan. Jadi, jika kamu berniat ke kota ini untuk tahun baru, jangan lupa untuk membawa jaket tebal musim dingin, supaya tidak kedinginan. Hehehe.

Sydney, Australia

Kota-kota di Dunia dengan Perayaan Malam Tahun Baru Paling Meriah

Di Sydney, perayaan malam tahun baru hadir dengan pemandangan yang tak biasa. Kota ini mencapai puncak keindahannya di saat pergantian tahun. Bayangkan saja pesta kembang api dengan latar gedung Sydney Opera dan perahu-perahu di pelabuhan. Belum lagi dengan rangkaian kembang api yang dipasang di Harbour Bridge dan menampilkan pemandangan air terjun. Kalau menurut kamu itu masih belum menarik, ada satu hal lagi yang perlu di ketahui. Pesta kembang api di kota ini berlangsung selama 12 menit. Gimana, menarik banget, kan?

Untuk membuat pengalamanmu lebih berkesan dalam menikmati pesta perayaan tahun baru di Sydney, kamu juga bisa menyewa yacht atau kapal pesiar untuk menyaksikan pertunjukan kembang api tersebut. Dengan demikian, wajar jika Sydney selalu masuk dalam daftar kota tujuan favorit untuk menghabiskan malam pergantian tahun.

New York, Amerika Serikat

Kota-kota di Dunia dengan Perayaan Malam Tahun Baru Paling Meriah
Source: shutterstock.com

Tradisi malam tahun baru agak berbeda di New York, Amerika Serikat. Pada malam pergantian tahun orang-orang akan berkumpul di Times Square untuk melihat bola yang dijatuhkan dari ketinggian 43 meter 60 detik sebelum tengah malam. Tradisi ini dikenal dengan istilah “Ball Drop” dan telah dilakukan sejak 1908. Dan menariknya, ketika bola kemudian jatuh tepat dengan pergantian tahun, langit New York pun akan diterangi oleh pesta kembang api.

Sejak sore hari, ribuan orang akan berduyun-duyun memasuki wilayah Time Square. Hal ini karena biasanya sebelum tradisi Ball Drop dilakukan, akan ada konser dari musisi ternama di Amerika. Nah, Di mana lagi nonton musisi favorit dan diakhiri dengan selebrasi yang meriah kalau tidak di New York? Tapi, jika kamu berminat untuk menghabiskan malam tahun baru di sana, sebaiknya membawa tas ransel anti maling. Karena di kawasan tersebut tidak akan ada penjual makanan dan minuman, jadi kamu harus bawa bekal sendiri.

Jika kamu memang ingin menghabiskan malam pergantian tahun secara spesial, kota-kota di atas sangat layak dijadikan tujuan. Segera persiapkan perjalananmu sekarang juga. Jika dana masih jadi masalahmu, tenang saja, ada Jualo Finance, kok. Kamu bisa mengajukan Kredit Tanpa agunan (KTA) untuk melakukan perjalanan malam tahun baru. Cara mudah dan tidak memberatkan. Nah, selamat bersiap menyambut tahun baru, ya!

 

Tag: , , , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram