close

Tips Memilih Headphone Nyaman di Telinga

Tips Memilih Headphone Nyaman di Telinga

Kuping juga butuh kenyamanan. Setidaknya itu yang menjadi alasan mengapa terkadang memilih headphone menjadi sedemikian rumit. “Memangnya ciri-ciri headset bagus itu yang seperti apa?” Ucap seseorang ketika ingin membeli headphone pertama kali. Cirinya? Ya, headphone nyaman di telinga ketika digunakan.

Oke, pertanyaan selanjutnya pasti bagaimana memilih headphone berkualitas dan nyaman? Apakah ada panduan dalam memilih headphone yang nyaman? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Jualo akan berikan pertimbangan-pertimbangan, atau tips, dalam memilih headphone yang nyaman di telinga.

Tujuan Penggunaan Headphone

Tips Memilih Headphone Nyaman di Telinga

Faktor ini sangat penting untuk diketahui oleh para calon pengguna headphone. Hal ini karena biasanya karakteristik sebuah headphone berkualitas akan bergantung pada tujuan penggunaannya. Beberapa contoh tujuan penggunaan headphone adalah untuk mendengarkan musik saja, monitoring, hingga kebutuhan untuk bermain game. Ketiga tujuan tersebut akan menentukan headphone apa yang paling nyaman untuk kamu gunakan.

Kenali Musik yang Sering Didengar

Tips Memilih Headphone Nyaman di Telinga

Musik jelas menjadi penentu penting dalam pemilihan headphone. Jika kamu suka mendengarkan musik akustik lantas memilih headphone untuk musik dansa, maka suara bass yang bulat justru akan menenggelamkan detail suaranya. Hal ini berlaku juga untuk sebaliknya. Jadi, meski sebuah headphone nyaman digunakan tapi tidak sesuai dengan musik yang sering kamu dengar, tetap saja perangkat ini akan membuatmu tak nyaman pada akhirnya.

Durasi Pemakaian

Tips Memilih Headphone Nyaman di Telinga

Durasi juga menjadi faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Beberapa headphone bisa memenuhi syarat untuk jenis suara yang diinginkan, namun jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat kuping letih. Biasanya hal ini muncul karena bantalan yang digunakan tidak terlalu membuat nyaman kuping. Bisa juga pengaruh bahan dari bantalan yang bisa membuat kuping mudah berkeringat.

Alat Pemutar Musik yang Digunakan

Tips Memilih Headphone Nyaman di Telinga

Nah, ini juga penting untuk disimak. Kalau kamu membeli headphone mahal namun pemutar musiknya tidak bisa memenuhi kualitas audio yang diperlukan, maka kenyamanan tidak bisa dimiliki. Jadi, belilah headphone sesuai dengan kemampuan pemutar musik yang kamu gunakan. Cara untuk mengetahui kemampuan pemutar musik yang digunakan adalah dengan memperhatikan tingkat impedance dari alat pemutar musik yang dipakai sehari-hari. Setelah itu, kamu bisa mencari headphone yang memiliki jangkauan tingkat impedance tersebut. Jangan sampai kamu membeli headphone Bose namun untuk digunakan pada mp3 player murah.  

Harga Headphone

Kalau untuk yang satu ini sudah pasti harus diperhatikan. Karena keinginan yang besar tidak selalu hadir bersama ketebalan kantong. Hal ini yang kemudian akan membuat kamu membutuhkan waktu untuk memilih headphone yang nyaman namun tidak mengganggu keuangan. Headphone terjangkau dan berkualitas bagus banyak tersebar di pasaran, kok. Jadi kamu tak perlu selalu terpaku pada kebesaran nama merek-merek headphone saja.

Kalau kamu sudah mempertimbangkan pertimbangan-pertimbangan di atas, langkah selanjutnya adalah menuju toko headphone terlengkap. Salah satunya adalah dengan mengunjungi teman jual belimu, Jualo.com. Nah, selamat memilih headphone berkualitas yang nyaman digunakan, ya!

 

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram