close

Menengok Persaingan Mobil Terlaris di Indonesia pada Januari 2018

Menengok Persaingan Mobil Terlaris di Indonesia pada Januari 2018

Pertarungan dalam memperebutkan tahta mobil terlaris di Indonesia telah berlangsung sengit sejak awal 2018. Hal ini bisa dilihat melalui data yang telah dipublikasikan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Dari data tersebut angka penjualan mobil pada Januari 2018 terlihat naik 11.020 unit dibandingkan pada Desember 2017.

Penjualan mobil secara keseluruhan pada Januari 2018 mencapai angka 95.892 unit. Kenaikan penjualan ini juga menunjukkan sinyal yang positif terhadap pasar mobil di Indonesia. Pasalnya, jumlah penjualan mobil pada bulan Januari 2018 tersebut lebih besar dari yang pernah terjadi pada bulan yang sama sejak 3 tahun terakhir. Rekor penjualan terbesar pada bulan Januari sendiri sebelumnya terjadi pada 2014. Kala itu sekitar 103.609 unit mobil laku terjual.

Menengok Persaingan Mobil Terlaris di Indonesia pada Januari 2018
Source: toyota.astra.co.id

 

Nah, kembali lagi ke permasalahan perebutan tahta mobil terlaris, persaingan sengit terjadi pada kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Penjualan mobil terlaris sendiri sebenarnya masih dipegang oleh Toyota Avanza Indonesia, namun kehadiran Mitsubishi Xpander Indonesia yang langsung merangsek di posisi kedua tentu perlu menjadi perhatian. Keduanya hanya terpaut 464 unit penjualan saja.

Melihat kondisi tersebut, ada kemungkinan Mitsubishi Xpander bisa meraih mahkota sebagai mobil terlaris pada 2018 ini. Pertimbangan ini muncul setelah mengingat faktor perkenalan Xpander dengan masyarakat Indonesia sendiri belum terlalu lama. Perlu diketahui, Mitsubishi Xpander baru diperkenalkan pada Agustus 2017. Jadi, dengan merangseknya mobil ini di posisi kedua jelas menunjukkan adanya respon yang sangat baik dari pecinta otomotif di Indonesia. Bisa jadi Xpander juga akan menjelma sebagai mobil MPV terbaik saat ini. Tapi tunggu saja perkembangan penjualannya sepanjang 2018.

Menengok Persaingan Mobil Terlaris di Indonesia pada Januari 2018
Source: mitsubishixpander.com

 

Selain itu, hal lain yang menarik disimak dari data GAKINDO untuk penjualan mobil pada Januari 2018 adalah dengan lengsernya produk Honda dari 5 besar. Honda Brio Satya yang sempat menduduki posisi kelima pada penjualan terlaris sepanjang 2017, kini harus rela digeser oleh Daihatsu Gran Max pick up. Naiknya penjualan mobil pick up Daihatsu tersebut menggantikan posisi Daihatsu Sigra yang juga mesti lengser dari 5 besar penjualan mobil terlaris di Indonesia. Mungkin alasan terjadinya pergeseran ini, karena Daihatsu Gran Max merupakan mobil pick up murah yang bisa diandalkan untuk urusan niaga. Tetapi belum tentu juga tren pembelian mobil ini akan berlangsung selama 2018. Pasalnya pembelian mobil niaga kebanyakan memang dilakukan pada awal tahun.

Menengok Persaingan Mobil Terlaris di Indonesia pada Januari 2018
Source: daihatsu.co.id

 

Sementara itu dalam jajaran produsen terlaris juga terjadi perkembangan yang menarik. Pada Januari 2018, pabrikan asal Tiongkok, Wuling, berhasil masuk dalam sepuluh besar produsen mobil terlaris di Indonesia. Namun tidak ada penjelasan secara merinci tentang produk Wuling apa yang menopang penjualan ini. Namun, jika melalui analisa dangkal nampaknya penjualan tersebut baru diwakili oleh penjualan Wuling Confero Indonesia. Karena Wuling Cortez sendiri baru diperkenalkan secara resmi pada Februari 2018 silam.

Setelah melalui sejumlah analisa dangkal dari data penjualan mobil pada Januari 2018 tersebut, menurut kalian apakah Xpander bisa merebut tahta mobil terlaris dari Avanza? Selain itu, apakah Wuling bisa bersaing dengan para produsen dari Jepang? Meski demikian, tak bisa dimungkiri bahwa pasar penjualan mobil 2018 ini akan semakin menarik untuk selalu disimak. Setuju tidak?

 

Tag: , , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram