close

Mengapa Fitur NFC pada Smartphone Penting

Fitur NFC pada Smartphone

Fitur NFC pada smartphone sebenarnya telah lama diperkenalkan. Akan tetapi, entah mengapa teknologi ini belum setenar koneksi nirkabel lain seperti Bluetooth maupun WiFi saat itu. Padahal dengan adanya fitur NFC atau Near Field Communication, transfer data hingga penggunaan uang virtual menjadi jauh lebih mudah.

Fitur NFC pada Smartphone

Buat kamu yang baru saja tahu tentang fitur NFC ketika membaca judul tulisan ini, ada baiknya untuk berkenalan terlebih dahulu. NFC adalah sebuah bentuk komunikasi nirkabel yang telah dikembangkan sejak 1980-an. Pada awalnya teknologi ini muncul dalam bentuk Radio Frequency Identification (RFID).

Pada 2002, perussahaan SONY melakukan kerja sama dengan NXP Semiconductors, untuk mengembangkan teknologi NFC yang terinspirasi dari teknologi RFID. Namun, fitur NFC sendiri justru dilepas ke publik oleh produsen telepon seluler asal Finlandia, Nokia, melalui ponsel flip Nokia 6131.

Fitur NFC pada Smartphone
Source: Wikipedia

 

Nah, sekarang fitur yang dulunya tidak terlalu dianggap penting ini, kembali mencuat ke permukaan. Hal ini dipicu karena penggunaan uang virtual atau e-money Indonesia yang semakin pesat. Salah satu penyebabnya adalah setiap pengguna jalan tol kini diwajibkan untuk menggunakan fasilitas e-toll/e-money, untuk melakukan pembayaran mulai akhir Oktober 2017.

Oleh karena itu, smartphone dengan fitur NFC pun akan semakin diperlukan. Karena handphone (hp) yang memiliki fitur ini bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap saldo dari kartu e-money yang dimiliki. Tak hanya itu, beberapa bank bahkan telah menyediakan fasilitas untuk melakukan pengisian ulang saldo e-money melalui smartphone.

Fitur NFC pada Smartphone

Di luar negeri, teknologi NFC telah banyak digunakan untuk berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan di Australia, dimana pada salah satu bioskop, kamu bisa memesan makanan dan membayarnya dengan menempelkan hp di lengan kursi. Selain itu, teknologi ini juga bahkan bisa digunakan sebagai pembuka pintu rumah

Teknologi NFC sudah dimiliki oleh beberapa handphone Android terbaru 2017. Meski sebenarnya hp murah dengan fitur nfc pun telah banyak tersebar di pasaran sebelumnya. Tapi menariknya hingga tulisan ini diterbitkan, justru belum ada informasi mengenai teknologi NFC pada Xiaomi. Padahal Xiaomi selalu menjadi hp andalan, apalagi jika berbicara tentang hp flagship killer.

Fitur NFC pada smartphoe

Meski demikian solusi pasti selalu hadir jika dibutuhkan. Kalau kamu ingin mencari hp yang tersedia fitur NFC, kamu bisa menemukannya pada Imo Clarity, Sony Xperia T3, Samsung Galaxy J5, hingga Moto G5s Plus. Semua ponsel tersebut termasuk dalam hp 3 jutaan kualitas terbaik yang terjangkau untuk dimiliki.

Tapi, kebutuhan akan sebuah fitur dalam ponsel memang bergantung pada setiap individu yang memilikinya. Hanya saja, jika memang tengah berburu untuk membeli hp yang baru, tak ada salahnya untuk memilih smartphone dengan fitur NFC. Siapa tahu kemajuan teknologi finansial digital di Indonesia akan berkembang cepat dalam beberapa tahun ke depan.

Label: , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram