close

Kenali Penyebab Depresi Akut dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Depresi Akut dan Cara Mengatasinya

Depresi. Penyakit yang satu ini telah merenggut beberapa nama besar di dunia hiburan dunia seperti Chris Cornell dan Chester Bennington. Dan kini, permasalahan itu pun menghinggapi Kim Jonghyun dari Boyband Korea Selatan, Shinee. Ia pun memilih mengakhiri hidupnya karena diduga depresi. Kondisi ini harus berhenti, perang melawan depresi harus dimulai. Kenali penyebab depresi akut dan bantu mengatasinya.

Definisi depresi sendiri dilansir dari alodokter.com, adalah sebuah gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati, dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah sulit fokus, kesulitan tidur, nafsu makan berkurang, menarik diri dari lingkungan, kerap merasa sakit kepala, hingga selalu berpikir tentang kematian. Jika kamu melihat gejala ini pada orang terdekat segera bantu mereka mengatasi depresinya dengan cara-cara seperti di bawah ini.

Ajak Bicara dari Hati ke Hati

Kenali Penyebab Depresi Akut dan Cara Mengatasinya

Saat kamu telah menemukan gejala depresi pada orang terdekatmu, segera ajak dia untuk berbicara dari hati ke hati. Caranya bisa dengan mengajaknya ke tempat ternyaman dan mulai mulai menanyakan kondisinya. Usahakan untuk melakukan perbincangan di lokasi yang tenang dan tidak terlalu banyak orang. Bagaimanapun, depresi bukan sesuatu yang mudah untuk diungkapkan, apalagi di depan banyak orang.

Berikan Vitamin B

Kenali Penyebab Depresi Akut dan Cara Mengatasinya

Vitamin B akan membantu memproduksi hormon serotonin, epinephrine, serta dopamin. Ketiga neurotransmitter tersebut sangat berpengaruh pada kondisi suasana hati. Vitamin B dapat ditemukan pada makanan-makan seperti Ikan Salmon, bayam, paprika, daging, susu rendah lemak, hingga telur. Jika dikaitkan dengan cara mengatasi di atas, mengajak orang terdekat yang terlihat depresi berbicara sembari makan, bisa jadi ide yang tepat. Meski demikian, suplemen vitamin B yang dikonsumsi secara rutin juga bisa alternatif lain.

Mendengarkan Musik atau Menonton Film 

Kenali Penyebab Depresi Akut dan Cara Mengatasinya

Musik & film selalu menjadi obat yang ampuh jika berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Adanya perwakilan perasaan yang tertuang pada kedua media tersebut, bisa membuat penonton dan pendengarnya merasa lebih lega. Belum lagi jika pada musik & film yang dinikmati hadir sejumlah kata-kata inspirasi & motivasi. Tak perlu melakukan hal ini di bioskop atau menonton konser. Cukup di rumah dengan perangkat audio terbaik kamu bisa melakukan ini. Ingat, tidak mudah untuk menumpahkan depresi di depan umum. Semakin personal musik & film akan semakin mujarab untuk menghilangkan depresi.

Ajak Berlibur ke Luar Kota

Kenali Penyebab Depresi Akut dan Cara Mengatasinya

Kepenatan pikiran menjadi salah satu penyebab adanya depresi. Oleh karena itu, berlibur menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menguranginya. Dengan melihat pemandangan yang indah di pantai atau pegunungan, pikiran seseorang pasti akan lebih tenang. Apalagi jika perginya bersama dengan orang terkasih. Untuk itu, jika orang terdekatmu mengalami gejala depresi akut, memberinya ide untuk berlibur bersama bisa menjadi pilihan. Ajak orang tersebut ke tempat favoritnya. Tempat yang tenang bukan tempat yang justru penuh dengan orang.

Satu hal yang pasti, jangan pernah menganggap depresi sepele. Jika kamu melihat orang terdekat mengalami gejala depresi, segera lakukan hal-hal seperti di atas. Berbicara dari hati ke hati adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Ingat, lebih baik mencegah sebelum terlambat.

Jika kamu merasa depresi dan membutuhkan konsultasi maupun informasi terkait cara mengatasi depresi, silakan menghubungi kontak-kontak di bawah ini:

  • NGO Indonesia: Jangan Bunuh diri
    • Telp: (021) 9696 9293
    • email: janganbunuhdiri@yahoo.com
  • Organisasi INTO THE LIGHT
    • Kirimkan pesan via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)
    • Kirimkan pesan via Twitter: @IntoTheLightID
  • Kementrian Kesehatan Indonesia
    • telp: (021) 500454

Tag:

Story Page
Facebook
Google+
Instagram