close

Perkembangan Teknologi Keuangan di Indonesia

Perkembangan Teknologi Keuangan di Indonesia

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia menunjukan kemajuan yang signifikan. Bahkan dilansir dari detikcom, laporan Tetra Pak Index menunjukkan pengguna internet tanah air pada 2017, telah mencapai 132 juta pengguna. Dengan demikian tidak mengherankan jika perkembangan teknologi keuangan atau teknologi finansial pun melaju pesat.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian finansial teknologi. Teknologi finansial atau yang kini lebih dikenal dengan sebutan Fintech, adalah sebuah industri startup yang hadir untuk memudahkan masyarakat luas dalam mengakses produk keuangan.

Pasar teknologi finansial berkembang seiring pertumbuhan jual beli online di Indonesia. Karena ketika mendapatkan barang telah begitu mudah, kemudahan akses mendapatkan produk keuangan juga tentu menuai banyak permintaan.

Bank Indonesia sebagai departemen tertinggi dalam urusan keuangan di Indonesia, telah membagi startup jenis ini ke dalam 4 kategori. Untuk mengetahui apa saja bentuk fintech Indonesia, simak penjelasan berikut ini.

Crowdfunding atau Peer to Peer Lending

Perkembangan Teknologi Keuangan di Indonesia

Teknologi finansial ini merupakan sebuah wadah untuk bertemunya investor dengan pencari modal. Platform ini sangat berguna dan memiliki peran penting dalam pemberian dana kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening bank. Mengingat masih banyaknya orang yang belum memiliki rekening di nusantara, teknologi finansial ini bisa membantu memajukan perekonomian Indonesia. Salah satu contohnya adalah kredit online tanpa kartu kredit.

Market Aggregator

Perkembangan Teknologi Keuangan di Indonesia

Untuk jenis yang satu ini, sebuah teknologi finansial hadir untuk membantu para penggunanya untuk mencari produk keuangan terbaik. Teknologi ini akan mengumpulkan dan memberikan data finansial yang dibutuhkan, sehingga perbandingan produk keuangan seperti kartu kredit mudah untuk dilakukan. Selain itu, finansial teknologi ini akan memberikan pengajuan kartu kredit termudah.

Risk & Investment Management

Perkembangan Teknologi Keuangan di Indonesia

Teknologi finansial yang satu ini bertindak layaknya perencana keuangan bagi penggunanya. Dengan bantuan startup yang seperti ini, penggunanya bisa dengan mudah mengatur keuangannya hanya bermodalkan ponsel. Tinggal isi data dan rencana keuangan pun bisa didapatkan tanpa perlu mengatur janji bertemu.

Paymeny, Settlement, & Clearing

Perkembangan Teknologi Keuangan di Indonesia

Wilayah platform yang satu ini masih masuk dalam ranah dari Bank Indonesia. Karena pada dasarnya teknologi finansial ini akan bertindak sebagai dompet virtual (e-wallet) dan payment gateway. Intinya kehadiran teknologi ini akan memudahkan para pelaku jual beli online untuk melakukan transaksi dengan aman.

Nah, dengan penjelasan di atas, semoga kamu bisa mengerti dengan mudah apa yang dimaksud dengan fintech. Satu hal yang pasti, jangan lupa untuk selalu menjadikan Jualo.com sebagai teman jual belimu. Karena Jualo.com sebagai teman jual beli, juga ingin memudahkan para penggunanya dalam mendapatkan produk keuangan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jualo.com pun menghadirkan Jualo Finance. Keberadaan Jualo Finance diharapkan bisa membantu pertumbuhan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Apalagi, melalui Jualo Finance kamu bisa memilih pengajuan kartu kredit terbaik, mendapatkan pinjaman UKM hingga 5 miliar, mendapatkan Kredit Agunan dengan suku bunga bersaing, serta mendapatkan KPR terbaik, untuk membeli rumah pertamamu. Segera gunakan Jualo Finance sebagai pinjaman uang online terpercaya untuk mengatasi masalah finansialmu.

 

Label: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram