close

Perlengkapan Motor di Saat Hujan

Perlengkapan Motor di Musim Hujan

Hujan mengguyur sebagian besar Tanah Air mulai Januari dan kondisi ini sangat berisiko bagi pengguna kendaraan, terutama roda dua. Jalanan licin, jarak pandang yang terbatas, dan suhu dingin bisa menggangu konsentrasi rider di jalanan.

Tetapi masalah-masalah di musim hujan itu tak menjadi kendala berarti jika Anda berkendara dengan aman dan menggunakan perlengkapan keselamatan yang memadai.

Berikut adalah empat perlengkapan wajib untuk berkendara di tengah hujan:

1. Helm

Helm memang perlengkapan keselamatan wajib bermotor, meski tak sedang hujan. Tetapi di saat hujan, helm menjadi lebih dibutuhkan karena diperlukan untuk melindungi mata dari percikan air.

Helm yang digunakan saat kondisi hujan adalah helm jenis full face, karena lebih sempurna melindungi mata. Dengan helm jenis ini, mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya penglihatan dan konsentrasi.

2. Jas Hujan

Jas hujan diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Menurut Michael jas hujan terbaik adalah yang berbentuk jaket dan celana — bukan ponco.

Jas hujan bentuk ponco beresiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu, sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Jangan sekali-kali menggunakan payung sewaktu berkendara!

3. Sepatu

Banyak pengendara yang menggunakan sandal ketika hujan karena takut sepatu yang digunakan basah. Padahal, sebaiknya pengendara tidak menggunakan sandal karena akan berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil.

Gunakanlah sepatu anti air atau minimal menggunakan cover sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin (center backbone motor), khususnya jika Anda menggunakan motor cub, karena titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah yang bisa memengaruhi pengendalian sepeda motor.

4. Sarung tangan

Menggunakan sarung tangan sewaktu hujan menjadi sangat penting. Hal ini diperlukan agar cengkraman tangan ke setang motor tetap maksimal. Agar lebih aman, pengendara disarankan menggunakan sarung tangan anti air.

Label: , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram