close

Persiapan yang Harus Dilakukan Jelang Puasa

Persiapan Ibadah Puasa

Bulan Ramadan di depan mata! Di bulan ini umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari. Nah, bagi kamu yang Muslim, apakah sudah siap jelang puasa kali ini? Persiapan apa saja yang kamu lakukan supaya bisa puasa sebulan penuh? Kalau belum ada, Jualo punya sejumlah tips supaya kamu kuat menjalaninya!

Memperhatikan Asupan Makanan
Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi bulan puasa adalah memperhatikan asupan makanan. Kalau bisa, selama puasa kamu mengurangi konsumsi makanan yang berminyak dan pedas. Apalagi kalau kamu punya masalah dengan lambung. Mengurangi makanan-makanan tersebut akan membantu kamu untuk tetap fit selama bulan puasa. Jadi sedari sekarang kamu harus sudah siap untuk mengurangi makan makanan berminyak dan pedas.

Menyiapkan Stok Kurma Untuk Berbuka

Kurma untuk Berbuka
Source: Pixabay

Seperti yang diketahui berbuka dengan kurma hukumnya sunnah. Selain itu, kurma sendiri memang makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Hal ini karena kurma kaya akan kandungan glukosa. Dimana kandungan tersebut merupakan zat yang paling bersahabat dengan lambung setelah lama tidak terisi makanan. Kalau kamu masih bingung untuk mencari persediaan kurma selama bulan puasa, cari aja di Jualo.com. Hehehe.

Sedia Madu Untuk Sahur

Khasiat Madu
Source: Pixabay

Kalau tadi disarankan untuk berbuka puas dengan kurma. Konsumsi madu saat sahur juga sangat dianjurkan. Akan tetapi jika mengonsumsi madu secara langsung bisa membuat enek, maka tidak ada salahnya jika dicampur dengan menggunakan air panas. Cara ini dilakukan agar madu terasa lebih segar. Sahur dengan menggunakan madu sendiri bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan menjaga metabolisme tubuh selama puasa. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan stok madu selama bulan puasa nanti.

Memilih Olahraga Ringan Selama Puasa

Olahraga
Source: Pixabay

Tak hanya konsumsi makanan dan minuman yang perlu diperhatikan selama puasa. Olahraga juga penting keberadaannya. Hanya saja yang perlu dilakukan adalah olahraga-olahraga ringan. Olahraga ringan di saat puasa yang bisa dilakukan adalah bersepeda atau berjalan kaki. Kegiatan ini sangat ideal apabila dilakukan dua jam atau tiga puluh menit sebelum berbuka puasa. Nah, kamu sudah bisa memilih olahraga ringan apa yang akan kamu lakukan selama puasa.

Membiasakan Minum Air Putih

Manfaat Air Putih
Source: Pixabay

Untuk hal yang satu ini, sebenarnya perlu dilakukan kapanpun untuk menjaga metabolisme tubuh. Dalam satu hari, setiap manusia sebenarnya memiliki kewajiban untuk minum sebanyak 8 gelas atau 2 liter air putih. Aktivitas ini juga tetap perlu dilakukan selama bulan puasa. Tetapi untuk penerapannya menggunakan trik 2+4+2. Dimana dua gelas di saat berbuka, 4 gelas menuju malam hari, serta 2 gelas saat sahur. Sehingga asupan air putih untuk tubuh tetap 8 gelas perhari. Bagi kamu yang belum disiplin meminum air putih setiap hari, maka hal ini perlu kamu persiapkan dan biasakan.

Puasa memang merupakan ibadah wajib untuk umat Muslim selama bulan puasa. Tapi, puasa juga merupakan kegiatan yang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk beribadah sembari mulai menerapkan pola hidup sehat. Nah, Semoga apa yang Jualo bagi melalui artikel ini bisa membantu kamu puasa selama 30 hari penuh. So, sudah siap untuk puasa kan sekarang?

Please follow and like us:

Label: , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram