close

Tips Agar Tidak Tercyduk Operasi Zebra Jaya

Operasi Zebra Jaya

Sepekan ini pengendara kendaraan bermotor mungkin sedang dibuat was-was dengan agenda rutin dari Kepolisian Republik Indonesia. Maraknya razia yang sering kita jumpai di jalanan saat ini merupakan rangkaian dari Operasi Zebra Jaya 2017. Hal ini tentunya menimbulkan kepanikan khususnya bagi para pengendara yang takut tercyduk akibat beragam pelanggaran yang dilakukan.

Operasi Zebra Jaya 2017 sendiri dijadwalkan berlangsung selama 2 minggu. Dimulai dari tanggal 1 November 2017, hingga berakhir pada 14 November 2017. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangkitkan rasa disiplin dan kesadaran akan berlalu lintas bagi para pengguna jalan raya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pelanggaran berkendara.

Beragam pelanggaran yang jamak dilakukan oleh pengendara antara lain kelengkapan surat kendaraan, pelanggaran lalu lintas, serta modifikasi kendaraan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Jenis pelanggaran yang telah disebutkan di atas sepatutnya tidak perlu kita lakukan. Karena selain merugikan diri sendiri, pelanggaran ini juga dapat merugikan para pengguna jalan lainnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, memodifikasi dan mengganti bagian kendaraan bermotor juga akan menyebabkan pengendara memiliki potensi untuk tercyduk. Nah, agar kamu lebih tenang saat berkendara dan tidak tercyduk oleh aparat berwajib, Jualo punya rekomendasi, sejumlah hal yang wajib kamu taati jika tidak ingin terkena denda yang dapat menguras kocek. Berikut beberapa hal tersebut.

Knalpot

Knalpot Variasi

Pastikan kamu menggunakan knalpot standar yang tidak menimbulkan kebisingan, ya. Bagi para Biker, beragamnya knalpot variasi yang dapat dengan mudah di temukan pada situs jual beli online tentu dapat menggoda iman. Apabila kamu tetap ingin menggunakan knalpot racing, membeli DB Killer bisa menjadi solusi untuk meredamkan suaranya. Jangan sampai karena ingin menjadi pusat perhatian dengan knalpot racing, kamu malah tercyduk karena suara bising yang mengganggu.

Lampu Kendaraan

Lampu Kendaraan

Memiliki lampu kendaraan dalam kondisi bagus adalah suatu keharusan. Perlu diketahui, peran lampu kendaraan sangatlah vital. Selain berfungsi untuk menerangi jalan ketika dalam kondisi gelap, lampu kendaraan juga berfungsi menunjukan keberadaanmu bagi pengendara lain. Jadi, demi keselamatanmu dan pengendara lain, pastikan selalu mengecek lampu kendaraan agar bekerja dengan baik, ya.

Spion

Spion Motor

Bayangkan jika kendaraan yang kamu gunakan tidak memiliki spion? Mungkin kamu tidak akan mengetahui ada pengendara lain yang tiba-tiba menyalip dari kanan atau kirimu. Betapa bahayanya, bukan? Nah, aspek yang perlu dipertimbangkan saat membeli spion adalah ukuran serta luas kaca cembung yang digunakan. Hal ini akan mempengaruhi jarak pandang saat mengemudikan kendaraan. Mengingat pentingnya fungsi dari spion, pastikan kamu membeli spion yang sesuai dengan jenis kendaraanmu, ya.

Pelat Nomor

Pelat Nomor

Bagian pelat nomor kendaraan terkadang dipandang sepele dan dianggap sebagai aksesoris semata. Siapa sangka, kamu bisa saja tercyduk gara-gara memodifikasi pelat nomor tanpa memperhatikan aturan yang berlaku. Untuk amannya, kamu bisa menggunakan pelat nomor standar yang dikeluarkan saat pertama kali membeli kendaraan. Jika ingin tetap dimodifikasi, pastikan nomor kendaraanmu dapat dengan mudah terbaca dan tidak menggunakan gaya penulisan yang aneh.

Helm

Helm SNI

Jangan salah kira kalau helm cuma sebagai aksesoris berkendara belaka. Helm sebenarnya merupakan satu kesatuan atau bagian dari motor itu sendiri, lho. Sebagai perangkat keselamatan, helm harus selalu melekat saat kamu mengendarai sepeda motor.

Saat kamu akan membeli sebuah helm, pastikan helm tersebut telah memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia), ya. Label SNI tersebut merupakan jaminan kualitas serta mutu pada helm yang akan dikenakan. Helm SNI juga telah melewati serangkaian tes yang dilakukan oleh BSN (Badan Standar Nasional) untuk menjamin keamanan penggunanya saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, segera cek kembali motor yang kamu gunakan untuk rutinitas sehari-hari. Jika masih ada yang tidak sesuai dengan apa yang telah disebutkan tadi, maka kamu harus segera membenahinya. Tapi, kalau kamu sudah menaati semua peraturan di atas, kamu pasti tidak akan tercyduk dalam Operasi Zebra Jaya 2017, deh.

Please follow and like us:

Label: , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram