close

Tips Dalam Menghadapi Cuaca Ekstrim

Tips Dalam Menghadapi Cuaca Ekstrim

Musim hujan sudah datang. Menghadapi akhir tahun biasanya Indonesia memang akan selalu ‘dimandikan’ oleh alam. Tapi, untuk kali ini sepertinya cuaca ekstrim tengah mampir ke tanah air. Pasalnya ada angin siklon atau badai yang baru-baru ini menyapa. Kehadiran siklon yang dinamai Cempaka tersebut bahkan mengakibatkan banjir hingga tanah longsor yang cukup berat.

Kehadiran angin siklon Cempaka sendiri disinyalir telah mereda. Namun menurut BMKG, Indonesia masih akan dihampiri oleh siklon tropis Dahlia. Kehadiran kedua badai tersebut tentu saja tidak bisa dielakkan. Cuaca ekstrim pun nampaknya akan terus menghujam hingga tahun berganti.

Untuk itu, tentunya setiap orang mesti dibekali dengan kemampuan dan pengetahuan yang cukup agar siap menghadapi cuaca ekstrim ini. Well, paling tidak, salah satu usahanya bisa dimulai dari bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh selama cuaca ekstim menerjang. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jadi, dengan tubuh yang sehat, kamu siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Dan berikut adalah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh dalam menghadapi cuaca ekstrim.

Perbanyak Konsumsi Protein

Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim

Selama cuaca ekstrim masih terus menghampiri wilayahmu, usahakan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein. Pasalnya, zat yang satu ini merupakan salah satu unsur penting yang diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh. Protein sendiri banyak dihasilkan oleh makanan-makanan seperti apel, brokoli, daging berwarna merah, telur, tahu, hingga tempe.

Minum Vitamin

Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim

Dengan memburuknya cuaca yang ada, tentunya badan harus dalam kondisi penuh dengan nutrisi agar tetap sehat. Nah, untuk menyediakan nutrisi yang cukup bagi tubuh, terkadang asupan makanan saja tidak bisa diandalkan. Oleh karena itu, vitamin sebagai suplemen perlu dikonsumsi secara teratur. cukup dengan satu butir vitamin per harinya. Harga suplemen vitamin c juga tidak mahal untuk dibeli, kok.  

Olahraga

Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim

Agar tubuh tetap dalam kondisi fit, sebaiknya kamu tetap melakukan olahraga. Sejumlah olahraga ringan di dalam ruangan bisa dilakukan dengan mudah, setelah atau sebelum kamu memulai rutinitas. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga skipping selama beberapa menit. Tapi perlu diingat, kamu juga perlu melakukan pemanasan sebelum skipping untuk mencegah cedera otot.

Persiapkan Perlengkapan Anti Hujan

Tips Menghadapi Cuaca Ekstim

Karena cuaca ekstrim kali ini selalu berkaitan dengan curah hujan yang tinggi, maka kamu harus selalu siap dengan perlengkapan anti hujan. Perlengkapan ini bisa berupa jas hujan terbaik, sepatu boot karet, hingga payung lipat cantik. Meski begitu, kalau kamu telah memiliki alat-alat anti hujan ini, usahakan untuk tidak terlalu lama berbasah-basahan di luar ruangan.

Selain melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas, ada tips tambahan lain yang perlu diperhatikan. Ada baiknya kamu juga mengurangi aktivitas di luar ruangan. Kurangi volume beraktivitas di bawah benda yang mudah roboh dan gampang tertiup angin.

Itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghadapi cuaca ekstrim yang tengah melanda sekarang ini. Semoga bisa membantu dan menghindarkan kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan, ya.

Please follow and like us:

Label: , , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram