close

Tips Membeli Barang Bekas Online

Tips Membeli Barang Bekas

Membeli barang bekas secara online merupakan hal yang sedikit kompleks. Hal ini terjadi karena banyaknya niat buruk dari para pengguna internet. Dimana kemudian kerap memicu terjadinya penipuan transaksi online. Oleh karena itu diperlukan kehati-hatian dalam belanja online. Apalagi yang tengah diburu adalah barang bekas. Nah, berikut ada beberapa tips untuk membeli barang bekas di dunia maya.

Pastikan iklan memiliki keterangan yang lengkap

Ketidaklengkapan informasi yang ada di dalam sebuah iklan akan menimbulkan kecurigaan. Kelengkapan informasi berkaitan dengan niat penjual dalam menjajakan barang/jasanya. Karena biasanya penjual yang baik selalu memberitahu semua informasi yang diperlukan oleh pembeli. Mulai dari kondisi barang serta kelengkapannya. Jika iklan tidak lengkap sebaiknya ditanya terlebih dahulu sebelum melakukan penawaran.

Cek reputasi penjual

Biasanya mereka yang kerap berjualan online akan memiliki keterangan reputasi pada akunnya. Jika tidak coba googling terlebih dahulu informasi tentang penjual atau barang yang ditawarkan. Setelah yakin akan reputasi penjualnya baru lakukan transaksi. Jika masih ragu lebih baik tunggu dulu.

Cek harga barang

Hal ini juga penting dilakukan. Jangan mudah tertipu dengan iklan berharga murah. Karena bisa saja barang yang ditawarkan bukan barang asli namun barang aftermarket. Dimana barang-barang tersebut biasanya memiliki kualitas yang tidak bagus. Selain itu, cek harga juga diperlukan agar mengetahui kisarannya di pasaran. Sehingga kalau harga barang ternyata kemahalan kamu bisa mengajukan penawaran yang lebih rendah.

Gunakan rekening bersama

Metode pembayaran merupakan yang paling krusial dalam transaksi online. Oleh karena itu pilih sistem pembayaran yang aman. Karena hingga sekarang bentuk penipuan dengan modus jualan online masih kerap terjadi. Nah, bentuk pembayaran yang paling aman adalah dengan menggunakan layanan rekening bersama seperti yang telah disediakan oleh Jualo. Sehingga apabila barang tidak datang, uang kamu pun tidak akan hilang.

Ketelitian sangat diperlukan dalam membeli barang di situs jual beli online. Apalagi hal ini menyangkut barang bekas. Jika masih dalam jarak yang memungkinkan menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) bisa saja dilakukan. Bisa juga dengan menggunakan layanan Otocek dari Jualo.com untuk pembelian mobil misalnya. Satu hal yang jelas berhati-hatilah dalam berbelanja online.

Please follow and like us:

Label: , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram