close

4 Tips Membeli Tanah Agar Tak Tertipu

Tips Membeli Tanah Agar Tak Tertipu

Perihal membeli tanah tidak semudah itu. Ada beberapa tips yang perlu diketahui supaya bisa membeli tanah agar tidak tertipu. Karena seperti yang telah diketahui, tanah merupakan salah satu aset investasi yang bisa menghadirkan keuntungan besar, meskipun menjualnya juga tidak semudah itu.

Tanah sendiri merupakan sebuah instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan berlipat bagi pemiliknya. Mungkin karena hal tersebut segala bentuk penipuan dalam jual beli tanah pun kerap terjadi. Apalagi jual beli tanah online juga semakin marak dewasa ini. Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk melakukan investasi tanah, maka beberapa hal berikut mungkin bisa membantu untuk terhindar dari tindak penipuan.  

Cek Status Tanah

Tips Membeli Tanah Agar Tak Tertipu

Ketika kamu menemukan tanah yang menarik minatmu, jangan langsung buru-buru melakukan jual beli dengan pemiliknya. Coba cek dulu status tanah yang kamu incar. Cara mengecek tanah bermasalah atau tidak kini lebih mudah tanpa perlu mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Kamu cukup menggunakan aplikasi layanan online BPN. Usahakan untuk selalu memeriksa kondisi tanah secara langsung, jangan hanya percaya pada foto-foto yang diberikan. Pengecekan ini penting dalam membeli tanah agar tidak tertipu.

Cek Legalitas Tanah

Tips Membeli Tanah Agar Tak Tertipu

Setelah mengecek status tanah, hal yang harus kamu lakukan adalah menghubungi pembeli dan memeriksa surat-surat tanah. Hal ini sebagai jaminan bahwa tanah yang kamu incar memiliki legalitas yang lengkap. Sehingga setelah kamu mencapai kesepakatan harga dengan penjual tanah, dalam prosesnya tidak akan repot untuk menambah biaya mengurus surat-surat yang lain. Salah satu surat yang paling penting adalah sertifikat tanah. Cek secara teliti bahwa sertifikat yang diberikan merupakan surat yang asli. Karena sekarang ini banyak penipuan jual beli tanah yang menggunakan sertifikat tanah palsu. Jadi, lebih baik berhati-hati dari pada terlanjur rugi.

Gunakan Jasa Notaris PPAT

Tips Membeli Tanah Agar Tak Tertipu

Jasa Notaris PPAT memang akan menambahkan biaya lagi pada transaksi jual beli tanah. Akan tetapi, dengan jasa notaris secara hukum jual beli tanahmu akan aman secara hukum. Maksudnya kamu tidak akan bisa dengan mudah dipermainkan dan ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini jasa notaris PPAT sebagai saksi jual beli tanah menjadi sangat penting. Karena mereka yang akan memberitahumu jika ada prosedur yang salah ketika terjadi transaksi jual beli tanah.

Buat Akta Jual Beli dan Balik Nama Tanah

Tips Membeli Tanah Agar Tak Tertipu

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pembuatan Akta Jual Beli tanah. Di sini peran jasa notaris PPAT semakin signifikan. Pasalnya pengecekan surat-surat serta dokumen pelengkap tentunya akan jauh lebih mudah jika menggunakan jasa notaris PPAT. Kalau kamu kerjakan sendiri tentu pusing. Dan lagi kekuatan hukumnya belum tentu bisa terjamin untuk kedepannya. Kecuali kamu sendiri merupakan seorang notaris, lho. Tetapi kamu juga tetap perlu melakukan pengawasan terhadap pengurusan surat-surat tersebut secara tuntas. Apalagi dalam proses balik nama. Pastikan nama yang tercantum sebagai pemilik tanah berikutnya sudah benar. Kalau tidak mengurusnya akan memakan waktu, dana, dan pikiran lagi.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan ketika membeli tanah. Tidak terlalu rumit hanya membutuhkan sedikit ketelitian dan ketelatenan dalam mengurusnya. Toh, jika sudah terbeli nilai tanah akan selalu naik dan kerepotan dalam membelinya akan terbayar tuntas. Memang terhitung lebih sulit dibanding membeli rumah pertama. Tapi ingat, beli tanah di lokasi yang tepat supaya investasinya benar, ya.

 

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram