close

Tips Memilih Helm yang Aman dan Baik

Tips Membeli Helm

Hi Jualovers!

Dewasa ini helm tidak lagi sekadar menjadi pelindung kepala, namun sudah bergeser menjadi bagian dari gaya hidup bikers. Tidak heran jika di pasaran banyak helm bermotif atau bercorak modis, ditambah lagi desain batok yang menawan. Namun sebaiknya pilihlah helm yang mampu melindungi kepala, tidak sekadar memiliki desain dan grafis yang menarik. Seringkali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung yang penting dan itu merupakan suatu kesalahan.

“Helm merupakan perlengkapan wajib berkendara untuk menjaga keselamatan, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar dapat menjaga keselamatan kepala kamu saat terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya,” tambahnya. Helm sendiri terbuat dari bahan yang tahan benturan seperti kevlar atau serat resin. Di beberapa negara, helm merupakan perlengkapan wajib bagi para pengendara motor.

Di Indonesia sendiri, kewajiban menggunakan helm sebenarnya sudah dicetuskan oleh Kepala Kepolisian Hoegeng pada awal tahun 70-an, tetapi mendapat penolakan yang cukup keras saat itu. Pada akhirnya berdasarkan Undang Undang №14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib bagi para pengendara motor.

Karena helm merupakan sebuah perlengkapan yang sangat penting, maka sebaiknya setiap orang teliti saat membeli sebuah helm. Ada beberapa tips untuk memilih helm. Berikut tipsnya:

1 | Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, pengguna helm akan merasa sakit di bagian kiri, kanan dan atas kepala. Apabila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman karena helm akan bergerak pada saat tertiup angin. Selain itu helm yang longgar akan berbahaya pada saat terjadi benturan.

2 | Pilihlah helm yang bahan shellnya keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

3 | Pilihlah helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala, pilihlah helm fullface atau minimal openface karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala anda saat berkendara.

4 | Pilihlah helm dengan bagian dalam / inner yang lembut, pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

5 | Pilihlah helm dengan lapisan pengaman dalam yang tebal, hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

6 | Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat, tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

7 | Pilihlah helm yang sudah memenuhi standard yang ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standard keamanan berarti sudah melewati proses uji, sehingga anda akan merasa lebih aman menggunakan helm tersebut.

Semoga tips ini dapat membantu kamu dalam memilih helm. Dimana kamu bisa mencari helm yang baik dan berkualitas? Yuk kunjungi Jualo.com dan jangan lupa untuk selalu bertransaksi aman dengan Rekening Bersama!

Label: , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram