close

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Merawat Mobil di Musim Hujan

Seperti yang telah diketahui, saat ini kita telah memasuki musim penghujan. Disaat seperti ini, kegiatan mengendarai mobil membutuhan kewaspadaan yang lebih. Hal ini disebabkan saat hujan tiba, jalanan akan menjadi licin, jarak pandang terbatas, hingga paling buruk adalah banjir. Selain kewaspadaan saat mengemudi, dibutuhkan juga performa mobil yang baik. Nah, inilah waktu yang tepat untuk kamu mengecek kondisi mobilmu.

Untuk menghadapi musim hujan, terdapat komponen-komponen mobil yang perlu diperhatikan. Komponen tersebut yang terkadang bermasalah saat hujan tiba. Agar nantinya kamu dapat berkendara dengan nyaman, Jualo telah merangkum beberapa komponen mobil yang wajib dalam kondisi baik. Berikut adalah komponen penting mobil yang wajib diperhatikan untuk menghadapi musim hujan.

Ban

Ban Mobil

Jalanan licin di musim hujan sudah pasti tidak dapat dihindari. Satu-satunya cara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah dengan menggunakan jenis ban yang tepat. Ban mobil untuk musim hujan adalah ban standar yang memiliki pola kembangan satu arah dan non-diagonal. Jenis ban ini sangat ampuh untuk memecah genangan air serta memiliki daya cengkram yang baik. Kemudian jagalah tekanan angin ban seperti yang telah direkomendasikan oleh pabrikan. Segeralah ganti ban mobilmu jika dirasa kembangan ban telah menipis. Yang terakhir, pastikan kamu selalu membawa ban serep just in case ban mobilmu bocor di tempat yang tak terduga.

Wipper & Washer

Wiper Mobil

Bayangkan apa jadinya jika wiper & washer mobilmu tidak bekerja secara optimal saat hujan tiba? Hal ini tentunya akan sangat menggangu kenyamanan serta dapat menimbulkan bahayakan saat kamu berkendara. Wiper mobil sendiri berfungsi untuk membersihkan kotoran seperti debu dan air hujan yang menempel pada kaca depan atau belakang mobil. Sedangkan washer adalah komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan air ke kaca mobil untuk membantu wiper bekerja secara optimal. Mengingat kegunaannya wiper dan washer yang sangat penting, jadi jangan anggap remeh kedua komponen mobil ini ya.

AC

Embun AC Mobil

Pernahkah kamu mengalami kaca mobil berembun saat mengemudikan mobil saat hujan turun? Hal ini dapat mengindikasikan AC mobil kamu tidak bekerja dengan maksimal, lho. Kondisi ini terjadi akibat suhu luar lebih dingin dibandingkan dengan suhu di dalam mobil. Segeralah cek dan bawa mobil kamu ke dealer terdekat untuk mengembalikan suhu AC mobil ideal inlet kabin diangka 5-8 derajat.

Mesin

Mesin Mobil

Apabila mobilmu sering terkena guyuran hujan, jangan hanya bagian luar saja yang dibersihkan. Segeralah cek bagian mesin mobil dan pastikan tidak ada air yang masuk. Beberapa komponen mobil yang rentan terhadap air antara lain alternator, aki mobil, dipstick, hingga sistem injeksi. Jadi, jika tidak ingin mogok ditengah jalan, pastikan selalu cek selalu kondisi mesin mobilmu ya.

Cover Mobil

Cover Mobil

Kandungan garam serta zat asam dalam hujan dapat berdampak buruk bagi cat mobil. Dampak buruk tersebut antara lain dapat mengakibatkan cat mobil terlihat kusam, mengelupas hingga berkarat. Selama musim hujan ini, pastikan kamu selalu menggunakan cover mobil saat memarkirkan mobil di lokasi yang terbuka. Aksesoris mobil satu ini sangat ampuh untuk mengurangi dampak dari kontak langsung debu dan air hujan bagi mobilmu.

Nah, sekarang jika ada komponen kendaraanmu yang rusak, kamu bisa langsung mencarinya di situs jual beli online Jualo.com. Karena kamu bisa menemukan beragam komponen mobil beserta aksesorisnya dari beragam merek ternama dengan harga dan kualitas terbaik.

Semoga dengan tips di atas, berkendara di musim hujan bukan lagi menjadi masalah, ya! Buat kamu yang belum sempat mengecek kondisi mobilmu, segeralah cek. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Please follow and like us:

Label: , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram