close

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Tips Merawat Mobil

Agar mobil tidak cepat rusak perawatan sangat dibutuhkan pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Air hujan yang mengandung garam dapat merusak permukaan cat mobil, jika didiamkan terlalu lama dapat membuat permukaan mobil berkarat dan kusam. Untuk mencegahnya, berikut tips perawatan mobil yang bisa kamu gunakanĀ :

  1. Cek bagian saringan, saluran, tangki bahan bakar untuk memastikan tidak ada kebocoran atau lubang yang menjadi jalan masuk bagi air agar bahan bakar tidak tercampur dengan air.
  2. Selain tempat bahan bakar, cek juga bagian penutup sistem elektrik. Pastikan air tidak akan masuk karena air yang masuk akan membuat mobil mogok karena arus pendek.
  3. Pada saat mobil kena hujan, jangan tunggu air di permukaan mobil kering baru dicuci. Gunakan sabun berbusa dan spon halus saat pencucian mobil. Ini bagian penting dalam perawatan mobil.
  4. Semprotkan Silicon Spray secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet dan kaca. Hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuatnya.
    Gunakan Contact Cleaner dalam proses perawatan mobil Anda. Gunakan ini pada bagian mobil yang menggunakan sistem elektrik untuk mengantisipasi masuknya air dari hujan atau genangan air.
  5. Secara berkala aplikasikan pelumas untuk bagian engsel pintu mobil agar tidak berkarat.
  6. Letakkan mobil di bagasi atau tempat parkir tertutup ( mobil sudah harus dalam keadaan kering ) agar tidak kena hujan lagi setelah dicuci.
  7. Lapisilah lantai di dalam mobil dengan koran agar saat hujan, Anda dapat masuk tanpa membasahi lantai. Ini akan membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam mobil.

Semoga dengan cara ini dapat berguna saat kamu melakukan perawatan mobil dan bisa dipraktekkan walaupun sedang tidak hujan. Cara ini pun dapat dilakukan untuk perawatan kendaraan lainnya selain mobil.

Please follow and like us:

Label: , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram