close

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Bagi pemilik kendaraan bermotor, musim hujan adalah saat dimana anda harus melakukan perawatan. Air hujan sendiri mengandung kandungan asam yang bisa menyebabkan cat kendaraan motor kusam.

Untuk itu anda sebagai pemilik kendaraan sepeda motor, perawatan yang tepat saat musim hujan sangat penting agar motor anda selalu dalam performance yang baik. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Cuci Motor
    Melakukan cuci Motor jika motor anda terkena hujan, sebelumnya sudah dijelaskan bahwa air hujan itu memiliki kandungan zat asam yang bisa menyebabkan kerusakan pada keindahan motor ( cat luntur ). Maka dari itu cucilah motor Anda segera apabila terkena air hujan. Jika tidak ada waktu coba untuk upayakan untuk menyempatkan mencuci motor walaupun hanya sekedar mengguyur seluruh body dan bagian bagian penting lainnya. Melakukan cuci motor dengan menggunakan air biasa bukan air hujan akan mencegah timbulnya karat.
  2. Penambahan Tekanan Ban
    Hujan di jalanan akan mengakibatkan genangan air, ada baiknya setelah Anda menerobos genangan air hujan periksa tekanan udara yang ada dalam ban tersebut, Anda bisa menekan menggunakan jempol tangan apakah tekanan udaranya masih cukup atau perlu ditambah. Masalahnya jika tekanan ban kurang maka akan menyebabkan permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. Akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru akan mempercepat ban motor menjadi tipis atau gundul.
  3. Rantai
    Dengan sifat air hujan yang memiliki keasaman, maka air tersebut apabila terkena besi akan menimbulkan karat bahkan besi atau rantai motor sekalipun. Apalagi jika motor yang anda kendarai tidak menggunakan penutup rantai, tentunya hal tersebut akan sangat rentan sekali untuk menimbulkan karat. Maka dari itu untuk menghindari karat, anda bisa menutup rantai motor agar terlindungi dari hujan, jika rantai motor kendor segera kencangkan kembali.
  4. Knalpot
    Kotoran air hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian body dan spakbor, tapi juga menempel pada bagian dalam leher knalpot. Oleh sebab itu, baiknya anda juga membersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna.
  5. Rem Depan dan Rem Belakang
    Komponen motor yang sering dipakai saat musim hujan atau saat anda mengendarai motor di musim hujan adalah bagian REM bagian depan dan belakang. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya bunyi pada bagian rem. Anda tidak usah panik karena bunyi tersebut muncul akibat kanvas rem yang basah.
  6. Jari jari roda Motor
    Biasanya saat anda mengendarai motor di musim hujan tentunya semuanya akan terkena air hujan, hal tersebut akan berakibat pada velg jari jari roda motor. Akibat dari yang dihasilkannya tentunya velg roda motor anda akan keropos, untuk keropos sendiri memang tidak tampak dari luar karena keropos ini biasanya terjadi di dalam.
  7. Kabel Body
    Jika motor anda memilki body terbuka pastikan bahwa kabel yang terhubung tidak terkena air alias kering. Ini dikarenakan jika pada bagian socket atau kabel terkena air, maka akan menyebabkan korslet sehingga bisa merusak komponen motor yang lainnnya.

Semoga informasi di atas dapat membantu dalam merawat motor kesayangan. Tak kenal maka tak sayang, jika anda sayang dengan motor yang anda punya maka rawatlah agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Please follow and like us:

Label: , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram