close

Tips Perawatan Lampu Mobil yang Simpel

Tips Perawatan Lampu Mobil yang Simpel

Tak ada gading yang tak retak, begitu kira-kira istilah yang sesuai dengan urusan lampu mobil ini. Tanpa melakukan perawatan, mika lampu mobil pasti akan menjadi kusam. Kadang kamu sebagai pemilik mobil bertanya-tanya, “kok bisa jadi kusam, ya?” Pertanyaan tersebut terlontar karena kamu tidak pernah membiarkan bodi mobilmu kotor. Tetapi, kamu nampaknya lupa untuk melakukan perawatan lampu mobil.

Kusamnya lampu mobil biasanya disebabkan oleh adanya bakteri atau jamur yang menempel. Munculnya bakteri atau jamur sendiri terjadi karena pengaruh perubahan cuaca. Salah satunya penyebabnya adalah membiarkan kendaraan berada di bawah matahari langsung atau kehujanan dalam waktu yang lama. Biasanya jika menemukan lampu mobilnya telah kusam, pemilik mobil cenderung menggantinya dengan yang baru. Jika kondisinya tidak terlalu parah, sebenarnya kekusaman tersebut bisa dibersihkan. Bagaimana caranya? Berikut adalah tips perawatan lampu mobil yang simpel buat kamu.

Pakai Lampu dengan Standar Kebutuhan Daya

Tips Perawatan Lampu Mobil yang Simpel

Semakin besar daya lampu yang digunakan, maka semakin terang pula cahaya yang dihasilkan. Dengan demikian berkendara di saat gelap menjadi jauh lebih aman. Tidak, itu tidak benar. Justru karena penggunaan lampu dengan daya yang tidak semestinya akan membuat mika lampu menjadi cepat kusam. Dan tentu saja ini berbahaya.

Tak hanya itu, penggunaan daya lampu yang melebihi kapasitasnya juga akan membuat aki menjadi lebih cepat habis. Nah, kalau aki cepat habis, mobil jadi susah untuk dinyalakan dan gampang mogok. Jadi, pilih bohlam lampu mobil terbaik sesuai dengan daya yang telah ditentukan oleh pabrikan mobil yang dimiliki.

Cek Karet Penutup Mika

Tips Perawatan Lampu Mobil yang Simpel

Biasanya pemilik mobil lalai dalam memperhatikan bagian mobil yang ini. Padahal meskipun tampak tidak terlalu penting, pengecekan seal atau karet penutup mika lampu harus selalu dilakukan. Karena seal ini bisa jadi jalur masuknya gangguan akan mika dan bohlam mobil. Gangguan tersebut biasanya berwujud debu, air, atau kotoran, yang bisa menimbulkan bakteri serta jamur.

Biasannya, karet atau seal lampu ini ketika dimakan usia akan mengalami beberapa kerusakan berupa getas, robek, dan pecah. Ketika kerusakan tersebut ditemukan, segera ganti seal lampu tersebut. Jika tidak kerusakan tersebut akan merembet ke mika lampu mobil, rumah lampu, serta bohlamnya.

Bersihkan Lampu Mobil

Tips Perawatan Lampu Mobil yang Simpel

Jika memang lampu sudah dalam kondisi kusam, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan atau foam semir ban mobil. Dengan memnggunakan cairan atau foam semir ban, maka mika lampu tidak akan mudah ditempeli air. Hal tersebut disebabkan oleh cairan silikon yang menjadi kandungan dari semir ban. Cara membersihkannya pun cukup gampang, semprot saja dari luar lalu lap dengan kain hingga bersih. Jangan lupa untuk melakukan kegiatan ini secara berkala. Jadi, tak hanya sekali saja.

Untuk membersihkan bagian dalam lampu, siapkan air, deterjen terbaik, serta pasir halus. Cara membersihkannya, masukkan pasir halus terlebih dahulu, baru kemudian air dan deterjennya. Kocok-kocok hingga bersih. Setelah kekusaman menghilang, bersihkan rumah lampu dari pasir dan deterjen yang digunakan. Jemur sampai kering. Setelah itu lampu pun bisa digunakan. Oh iya, untuk langkah ini, rumah lampu harus sudah terlepas dari bohlam dan bodi, ya.

Gunakan Sarung Tangan Saat Membersihkan Mika Lampu

Tips Perawatan Lampu Mobil yang Simpel

Penggunaan sarung tangan karet dalam menangani lampu sangat diperlukan. Tidak hanya untuk membersihkannya, melainkan juga ketika ingin mengganti bohlam lampu. Apalagi pada mobil-mobil yang menggunakan lampu mobil halogen. Karena lampu-lampu tersebut memiliki lapisan khusus, yang jika terkena tangan maka akan membuat lampu menjadi cepat panas dan putus. Intinya jangan sampai kaca bohlam terpegang dengan tangan.

Begitu pun saat mencucinya, hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Apalagi yang ingin dibersihkan adalah mika lampu. Takutnya apabila tekanan yang diberikan untuk membersihkan terlalu besar malah membuat rumah lampu pecah dan bisa membuat tangan terluka. Well, safety first.

Nah, itu tadi merupakan beberapa langkah simpel yang bisa dilakukan dalam merawat lampu mobil. Jadi, untuk urusan kejernihan lampu mobil, kamu tidak perlu selalu berakhir dengan mengeluarkan uang lebih dengan pergi ke bengkel. Kalau tidak mau repot untuk mencari barang-barang untuk melakukan perawatan lampu mobil, kunjungi Jualo.com. Di situs e-classifieds terkini ini, semua sparepart mobil lengkap dijual di sana. Jadi, merawat mobil sendiri tidak sulit, kan?

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram