close

Tips Properti Terkini untuk Membeli Hunian Pertama Kali

Tips properti terkini

Bagi yang belum memiliki pengalaman, memilih properti untuk dijadikan hunian pertama tidaklah mudah. Tips properti terkini sepertinya sangat dibutuhkan. Apalagi jika berbicara mengenai harga hunian yang dari tahun ke tahun naik dengan pesat. Memiliki rumah ataupun apartemen menjadi mimpi besar yang ingin diwujudkan.

Tapi yang namanya rejeki pasti tidak akan ke mana-mana. Meskipun belum terpikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang untuk membeli hunian, namun tidak ada salahnya untuk sekadar riset di situs jual beli rumah online gratis. Paling tidak sebagai persiapan, apabila rejeki datang dan berniat membeli properti pertama.  

Ketika melakukan riset untuk membeli properti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dan berikut adalah tips properti terkini dalam membeli hunian pertama.

Cek Lokasi

Ketika berbicara mengenai properti, faktor lokasi menjadi penentu terbesar terhadap harga bangunan. Apabila berada di daerah strategis, sebuah hunian akan memiliki harga yang tidak masuk akal. Apalagi jika lokasi rumah memiliki Feng Shui yang bagus. Coba saja tengok harga apartemen di Jakarta Selatan yang lebih mahal ketimbang yang berada di Bekasi ataupun Depok. Begitu juga dengan rumah. Untuk rumah dengan harga terjangkau hanya bisa didapati di daerah pinggiran. Oleh karena itu, harus ditentukan lokasi rumah yang diinginkan. Baru setelah itu mulai memikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang untuk membeli rumah di lokasi tersebut. Pening, kan?

Cek Reputasi pengembang

tips properti terkini

Nah, reputasi pengembang merupakan salah satu yang penting diperhatikan ketika ingin membeli rumah. Sebaiknya jangan mudah terbuai dengan harga rumah yang murah di daerah strategis. Apalagi yang ditawarkan oleh pengembang yang namanya belum pernah didengar. Ketika menemui hal seperti ini, ada baiknya kamu mengecek dulu sepak terjang pengembang properti tersebut. Apakah pengembang tersebut masuk dalam daftar developer perumahan terpercaya. Pengecekannya bisa dilakukan dengan melihat properti yang pernah mereka bangun sebelumnya. Jika bermasalah sebaiknya hindari membeli properti tersebut.

Cek Fasilitas pelengkap

Sebuah hunian tentunya tidak akan nyaman untuk ditinggali apabila tidak memiliki fasilitas yang lengkap. Salah satu contoh fasilitas pelengkap adalah akses jalan menuju properti, ketersediaan air, hingga keberadaan taman. Hal-hal pendukung seperti itu sebaiknya diperhatikan saat tengah melakukan riset untuk membeli rumah. Ingat, sekali lagi jangan mudah terbuai dengan harga murah, namun pastikan sebuah hunian dengan fasilitas lengkap.

Cek Ketersediaan jaringan komunikasi

Tips Properti Terkini

Di era modern seperti ini jaringan komunikasi merupakan hal yang esensial bagi kehidupan. Meskipun perkembangan teknologi di sektor ini telah maju sedemikian pesatnya, tapi masih ada beberapa daerah yang kadang sulit dijangkau sinyal telepon. Ini yang perlu dihindari, jangan sampai ketika ada keadaan darurat maka pencarian bantuan sulit dilakukan karena susah sinyal. Apalagi sekarang ini segala aspek kehidupan manusia juga sudah bergantung pada smartphone.

Cek Biaya tambahan yang diperlukan

Tips properti terkini

Faktor yang satu ini juga perlu diperhatikan secara seksama, karena biaya membeli rumah tidak hanya sesuai harga yang tertera saja. Ketika membeli rumah masih ada biaya lain seperti PPN, biaya KPR, hingga biaya peningkatan BPHTB. Kalau biaya tambahan ini kecil sebenarnya tidak perlu menjadi pertimbangan, tapi biasanya biaya ini bisa mencapai 20% dari harga rumah. Maka dari itu, jangan terbuai dengan harga rumah murah.

Mengingat harga hunian yang selangit, tidak ada salahnya untuk menjadi lebih teliti sebelum membelinya. Baik apartemen atau rumah sederhana tapi elegan, kelima faktor tadi perlu diperhatikan dengan seksama. Jadi, apabila rejeki datang dan sudah waktunya membeli rumah, kamu sudah siap untuk membuat keputusan.

Please follow and like us:

Label: , , , , ,

Story Page
Facebook
Google+
Instagram